Sabtu 01 Jun 2013 21:59 WIB

Pole Position Pertama Dani Pedrosa

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Mansyur Faqih
Dani Pedrosa
Foto: Reuters/Fadi Al-Assaad
Dani Pedrosa

REPUBLIKA.CO.ID, FLORENCE -- Pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa membuat tim Yamaha tertegun ketika dia menyalip Jorge Lorenzo di lap terakhir. Ia pun merebut pole position dalam kualifikasi MotoGp di seri Italia di Sirkuit Mugello, Florence Italia, Sabtu (1/6). 

Pedrosa berada di posisi ketujuh ketika bendera finis dikibarkan pada Q2. Sementara Lorenzo mendominasi sejak awal kualifikasi dengan catatan waktu 1: 47.226.

Namun Pedrosa membuat sebuah kejutan pada putaran terakhir dan melompat ke urutan pertama mengalahkan Lorenzo dengan selisih waktu 0,069 detik saat melewati garis finis dengan catatan waktu 1:47,157.

Pedrosa mengaku sangat senang dan puas dengan hasil yang didapatkan karena ini adalah pole position pertama yang diraihnya selama MotoGp World Championship 2013.

"Saya berusaha untuk tidak melakukan kesalahan karena ini hanya satu kali kesempatan," kata Pedrosa seusai kualifikasi kepada star sport.

Sedangkan, Lorenzo tercengang dengan kejutan yang dilakukan oleh Pedrosa. Dia tidak menyangka Pedrosa akan menyalipnya pada putaran terakhir. Karena sejak kualifikasi dimulai pebalap Yamaha tersebut berada pada urutan terdepan dan memiliki catatan waktu tercepat.

"Saya tidak menyangka, Pedrosa melakukan itu di lap terakhir. Tapi meskipun tidak mendapatkan posisi pertama saya tetap fokus untuk perlombaan besok," ujar Lorenzo.

Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh pebalap Ducati Andre Dovizioso yang sempat mengalami crash pada free practice Jumat (31/5) sehingga lehernya sedikit sakit. Dovizioso mengatakan dia hampir tidak bisa mengendarai motornya karena rasa sakit di lehernya. 

Namun, dia mengaku kondisinya sudah lebih baik dan cukup puas dengan hasil kualifikasi tersebut. Ducati menempati start di barisan depan dan siap untuk bersaing dengan mantan rekan satu timnya Cal Crutchlow yang berada di posisi ke empat. Pebalap Yamaha Tech 3 tersebut sempat terjatuh pada lima menit terakhir di putaran ketiga.

Akan tetapi ada kekecewaan untuk bintang lokal Valentino Rossi yang diharapkan bisa meraih pole position pada seri Italia ini. Rossi yang sempat menempati urutan tiga besar pada menit awal gagal memperbaiki catatan waktunya di lap terakhir dan terlempar di posisi ketujuh bersama dengan Nicky Hayden dan Alvaro Batistuta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement