Rabu 29 Mar 2017 17:35 WIB

Zarco Akui Sempat Beruntung pada Balapan Debut MotoGP

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Johann Zarco
Foto: EPA/Tim Keeton
Johann Zarco

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA – Pembalap Yamaha Tech3,  Johann Zarco sempat tampil gemilang di  di Sirkuit Losail, Doha. Qatar, Ahad (26/3). Pembalap asal Prancis ini tampil agresif pada putaran awal balapan. Ia sempat menyusul Andrea Iannone yang start di urutan kedua.

Sayangnya, Zarco kehilangan keseimbangan saat akan menaklukan tikungan kedua lap ketujuh. "Start di urutan keempat kami sedikit berjuang di awal. Kondisinya sedikit aneh tapi saya bisa melihat kondisi trek semakin baik dan saya siap untuk balapan," kata Zarco dilansir Crash, Rabu (28/3).

Pada putaran kedua, kata Zarco, ia melihat kesempatan untuk berlari mengejar pembalap-pembalap terdepan. Ia juga cukup baik melewati tikungan pertama. Rookie MotoGP ini mengatakan, ia merasa bisa sejajar dengan pembalap-pembalap di depan.

"Saya senang bisa menyusul mereka dan saya mengambil posisi terdepan dan mencoba berlari. Saya punya perasaan yang baik. Saya tidak mendorong lebih jauh lagi tapi itu artinya saya mendekati batas dan saya sedikit melebar di Tikungan Kedua, lalu saya jatuh," katanya.  Pembalap 26 tahun itu sangat menyayangkan kejadian tersebut.

Zarco menerangkan, jika ia tidak jatuh ada kemungkinan ia bisa naik podium atau mungkin menang. Dengan kepercayaan diri yang bagus dan awal yang baik ia merasa bisa menang.  "Saya tidak finis. Tapi saya bisa sampaikan apa yang akan terjadi di balapan selanjutnya. Saya harus ikut lagi dan menang di masa depan," tambah Zarco.

Zarco mengatakan, ia tidak mengalami cedera sama sekali. Saat terjatuh ia hanya meluncur dari motornya. Zarco memastikan tidak ada cedera fisik yang ia alami.  "Tidak, saat itu cuma meluncur saja. Bahkan tidak ada kerusakan parah di motor dan kami hanya meluncur. Sedikit sakit di hati tapi bukan sakit fisik," katanya.

Zarco bersikeras menggunakan ban soft pada balapan di Qatar. Menurutnya, keputusan ini yang mempengaruhi kecepatannya pada awal balapan. Ia mengatakan kepada timnya ingin bertaruh seperti bermain poker.  "Ban soft ini, saya katakan kepada tim saya,'Saya ingin balapan seperti bermain poker, dengan ban soft’.” Namun hasilnya, Zarco terjatuh pada putaran ketujuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement