Sabtu 25 Mar 2017 20:50 WIB

Hamilton dan Vettel Terdepan di Kualifikasi F-1 Australia

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Budi Raharjo
Pembalap Mercedes F1, Lewis Hamilton saat latihan bebas kedua GP Australia di sirkuit Albert Park, Melbourne, Jumat (24/3).
Foto: EPA/Diego Azubel
Pembalap Mercedes F1, Lewis Hamilton saat latihan bebas kedua GP Australia di sirkuit Albert Park, Melbourne, Jumat (24/3).

REPUBLIKA.CO.ID,MELBOURNE -- Tim balapan Marcedes, menempati posisi terdepan dalam kualifikasi Formulasi 1 (F-1). Pembalap Lewis Hamilton, menjadi yang tercepat dalam prabalapan resmi putaran pertama F-1 2017. 

Tercepat kedua, disusul tim Ferrari dengan pilotnya Sabastian Vettel. Hasil itu membuat dua pembalap mengamankan posisi terdepan dalam memulai putaran pertama kalender balapan F1 musim ini.

Saat balapan di sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, Australia, pada Sabtu (25/3), Hamilton menuntaskan putaran balapan dengan waktu 1 menit 22,496 detik. Pesaingnya, Vettel menyusul dengan catatan waktu 1 menit 22,796 detik. Sedangkan di posisi ketiga, ada pilot jet darat anyar dari Marcedes lainnya, Valtteri Bottas dengan waktu tempuh, 1 menit 22,798 detik.

Sementara nasib buruk dialami tim Red Bull Racing. Pembalap tuan rumah Daniel Ricciardo, gagal mencatatkan putaran penuh pada sesi kualifikasi kali ini. Ricciardo kehilangan kendali mobil sehingga melintir dan menabrak tembok pembatas pada putaran ketiga.

Ricciardo, harus puas dengan berada di urutan ke-10 dalam sesi balapan besok. Sedangkan pembalap satu timnya, Max Verstappen berada di urutan kelima.

Hamilton, usai balapan mengaku senang dengan hasil tersebut. Kata dia, hasil tersebut menjadi hasil kerja keras timnya di kualifikasi kali ini. Menurut dia, dengan mengamankan posisi terdepan untuk balapan kalender pertama pada Ahad (26/3), akan membuatnya punya peluang memembus kegagalan musim lalu.

Saat kalender balapan pertama F-1 2016 di sirkuit yang sama, Hamilton gagal mengakhiri balapan sebagai yang terdepan. "Ini akan menjadi akhir pekan yang fantastis. Saya hanya mengucapkan rasa bangga untuk tim saya," ujar dia, seperti dikutip dari akun resmi F-1, Sabtu (25/3).

Vettel, menempati posisi kedua, mengaku kurang puas. Padahal, kata dia tim dan juga dirinya, sudah bekerja dengan baik. "Saya tidak sepenuhnya senang dengan putaran terakhir," kata dia. Akan tetapi, pebalap asal Jerman tersebut mengatakan, masih ada harapan mencapai yang lebih baik saat balapan besok. "Dan besok saya berharap kita harus melakukan sesuatu," ujar dia.

Bottas pun mengaku hasil kualifikasi ini tak membikinnya puas. Berada di posisi ketiga, menurut dia tentu bukan kebanggan. "Posisi ini bukan yang ideal," ujar dia. Akan tetapi, pebalap asal Finlandia itu, menilai tim balapannya sudah menuntaskan bekerja dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement