Senin 06 Feb 2017 13:31 WIB

Vinales Pelajari Data Semua Pembalap Yamaha

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andri Saubani
Dua pembalap MotoGP, Maverick Vinales (kiri) dan Valentino Rossi (kanan).
Foto: EPA/Maurizio Brambati
Dua pembalap MotoGP, Maverick Vinales (kiri) dan Valentino Rossi (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SEPANG – Pembalap Yamaha, Maverick Vinales mencatat sukses selama tes di Sepang yang membuatnya disamakan dengan dua mantan juara dunia MotoGP, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Bos Yamaha, Lin jarvis dan Massimo Meregalli bahkan terkesan dengan prestasinya di Malaysia yang masuk dalam jajaran tiga besar.

"Saya pikir saya belajar banyak dari Suzuki. Di sana, saya mengembangkan kuasi GSX-RR dari nol. Pengalaman ini yang mengajari saya meraih manfaat besar di Yamaha sebab saya sekarang lebih mengerti cara membuat motor lebih baik dan bagaimana mengembangkannya. Itu adalah proses pembelajaran beharga," katanya, dilansir dari Speedweek, Senin (6/2).

Pembalap muda ini sangat berterima kasih pada Suzuki, meski kini dia telah melompat ke Yamaha. Pria asal Spanyol ini bisa lebih mudah mengendarai M1, bahkan sempat memacu kecepatannya hingga 110 persen.

Pembalap 22 tahun ini juga membandingkan data balapannya dengan Lorenzo dan Rossi. Dia melihat pengalaman kedua seniornya saat menggunakan rem belakang, serta cara mereka menggunakan kekuatan motor lebih baik, hingga hal-hal kecil lainnya.

"Ada banyak hal yang saya masih perlu belajar. Di titik tertentu, Jorge dan Valentino jauh lebih baik dari saya. Saya setiap hari melihat informasi tentang Jorge selama balapannya di 2016, juga Valentino dan pembalap Yamaha lainnya," katanya.

Pria kelahiran 2 Januri 1995 ini masih harus mengubah beberapa gaya mengemudinya. Di Valencia, Vinales mengalami infleksi di sudut panjang sehingga terlalu banyak menarik gas. Di Sepang, setelah memperbaiki kesalahannya, Vinales membaik setiap hari.

Daftar pasangan pembalap Movistar Yamaha dari tahun ke tahun:

2002: Carlos Checa, Max Biaggi

2003: Carlos Checa, Marco Melandri

2004: Valentino Rossi, Carlos Checa

2005: Valentino Rossi, Colin Edwards

2006: Valentino Rossi, Colin Edwards

2007: Valentino Rossi, Colin Edwards

2008: Valentino Rossi, Jorge Lorenzo

2010: Valentino Rossi, Jorge Lorenzo

2011: Jorge Lorenzo, Ben Spies

2012: Jorge Lorenzo, Ben Spies

2013: Jorge Lorenzo, Valentino Rossi

2014: Jorge Lorenzo, Valentino Rossi

2015: Jorge Lorenzo, Valentino Rossi

2016: Jorge Lorenzo, Valentino Rossi

2017: Valentino Rossi, Maverick Viñales

2018: Valentino Rossi, Maverick Viñales

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement