Ahad, 29 Juli 2012, 14:13 WIB

Lorenzo Rebut Pole Position

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Dewi Mardiani
AP
Pembalap tim Yamaha, Jorge Lorenzo.
Pembalap tim Yamaha, Jorge Lorenzo.

REPUBLIKA.CO.ID, MONTEREY — Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo mengunci pole position dalam babak kualifikasi Grand Prix (GP) seri ke-10 di Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat, Ahad (29/7) dini hari. Pemuncak klasemen sementara itu mengukir rekor 1 menit 20:554 detik dan unggul atas pembalap Repsol Honda, Casey Stoner dengan jarak 0,074 detik. Hasil yang diukir Lorenzo itu memantapkan capaiannya saat mencatatkan waktu tercepat dalam sesi kualifikasi ketiga.

Posisi ketiga ditempati pembalap Honda, Daniel Pedrosa dengan catatan waktu 1 menit 20,906 detik alias tertinggal 0,352 detik dari waktu yang dicatat Lorenzo. Hasil itu tentu sangat disayangkan Pedrosa yang sempat menguasai jalannya sesi latihan bebas pertama dan kedua.

Di klasemen pembalap, Pedrosa tertinggal 19 angka dari Alonzo dengan koleksi 166 poin. Kalau hasil balapan di Laguna Seca, Senin (29/7) dini hari tidak berubah maka peluang Lorenzo melebarkan jarak semakin terbentang.

Lorenzo tampak optimistis menghadapi balapan di Laguna Seca. Melihat capainnya, pembalap asal Spanyol itu memuji performa tungganggannya yang bisa diandalkan dan hampir sempurna. Ia mengetahui, Casey Stoner maupun Daniel Pedrosa menginginkan pole position untuk bisa memperbaiki klasemen pembalap, namun nyatanya posisi itu mampu diraihnya.

“Aku melakukan kualifikasi hampir sempurna dalam merebut posisi start terdepan,” kata Lorenzo kepada Autosport. “Aku tahu Casey dan Dani menginginkan posisiku itu. (Tapi) tim yang mendapatkannya, dan aku berpikir kita telah membuat langkah bagus untuk balapan nanti,” tambah dia.


loading...