Jumat 13 Jul 2012 15:26 WIB

Jajal Mobil F1, Rio Haryanto Tempuh 19 Putaran

Pembalap masa depan Indonesia, Rio Haryanto, melakukan sesi foto saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (20/3).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pembalap masa depan Indonesia, Rio Haryanto, melakukan sesi foto saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Pebalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto, hanya menempuh 19 putaran pada uji coba mobil F1 milik tim Marussia Carlin di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Juru Bicara Rio Haryanto, Andy Mailangkay dalam surat elektroniknya yang diterima Jumat (13/7), menyebutkan, akibat kebocoran cairan dan cuaca yang memburuk mengharuskan Rio kembali masuk pit dan menyudahi tes pertama ini.

Rio yang mendapat dukungan penuh dari PT Pertamina (Persero) menjalankan sesi testing pada siang hari setelah timnya sempat tertunda akibat prosedur pengukuran aerodynamic mobil yang harus dilakukan oleh tim.

Catatan waktu terbaik pebalap berusia 19 tahun yang mengendarai mobil MR-01 tersebut adalah satu menit 37,404 detik dari 19 putaran yang ditempuh Rio Haryanto.

Dengan hasil ini, Rio bersama rekan satu timnya Max Chilton di Marussia Carlin sukses menjalankan tes mobil F1 milik tim Marussia F1 dalam program "Young Driver Test" yang diselenggarakan Marussia F1.

Test mobil F1 ini masih akan berlangsung sekali lagi dengan menggunakan konfigurasi sirkuit internasional. Rio mendapat giliran pagi hari, sedangkan Max Chilton siang hari waktu setempat.

Setelah mendapat kesempatan untuk pertama kali uji coba mobil F1 dengan tim Marussia F1 2010 yang memberikan pengalaman yang luar biasa, kali ini untuk kedua kalinya menjalankan mobil F1 merupakan pengalaman yang sangat spesial, kata Rio Haryanto.

"Saya merasa telah berkembang pesat sebagai seorang pebalap dan kali ini lebih siap menghadapi berbagai hal," katanya.

Hanya, lanjut dia, sangat disayangkan dirinya hanya bisa menjalankan 19 putaran karena kebocoran dan faktor cuaca yang semakin buruk.

"Bagaimanapun ini telah memberikan pengalaman luar biasa bagi saya, dan saya sangat menikmtai bekerja sama dengan tim," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement