Ahad 15 Oct 2017 13:41 WIB

Salip Marquez di Lap Akhir, Dovizioso Juara di GP Jepang

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Aksi Andrea Dovizioso di GP Aragon, Ahad (24/9).
Foto: EPA-EFE/Antonio Garcia
Aksi Andrea Dovizioso di GP Aragon, Ahad (24/9).

REPUBLIKA.CO.ID, MOTEGI -- Andrea Dovizioso membuat persaingan memperebutkan gelar juara dunia MotoGP semakin ketat setelah tampil sebagai juara di GP Jepang di Motegi, Ahad (15/10). Berlomba di trek basah akibat guyuran hujan, Dovizioso mencatatkan waktu tercepat 47 menit 14,236 detik untuk finis pertama.

Pencapaian Dovi di Sirkuit Two Ring terbilang dramatis. Setelah berduel sengit dengan pembalap Repsol Honda Marc Marquez menjelang lomba berakhir, Dovi dengan cerdik menyalip pada lap akhir untuk merebut podium pertama. Marquez dipaksa menerima tertinggal 0,249 detik di belakang. Ini jadi kemenangan kelima Dovi musim ini.

Dengan tiga seri balapan tersisa, Marquez hanya unggul 11 angka dari Dovi menuju GP Australia. Marquez mengumpulkan nilai 244 dan Dovi 233. Walau amat berat, secara matematis pembalap Yamaha Maverick Vinales masih berpeluang juara dengan poin 203.

Balapan kali ini di Motegi diiringi beberapa insiden kecelakaan. Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi gagal menyelesaikan balapan setelah terjatuh keluar dari lintasan di tikungan 8 lap 6, saat ia berada di posisi delapan.

Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, menambah akhir pekan yang menyedihkan saat tersingkir pada lap 5 tikungan ketujuh hingga gagal menyelesaikan balapan. Empat pembalap lainnya, yakni Alvaro Bautista, Dani Pedrosa, Karel Abraham, dan Kohta Nozane, juga gagal finis di Motegi.

Hasil GP Jepang, Ahad (15/10):

sumber : REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement