Saturday, 19 May 2012, 22:51 WIB

Pedrosa Jadi yang Tercepat Dalam Kualifikasi di Le Mans

Red: Hazliansyah
AP
Pembalap MotoGp asal Spanyol, Dani Pedrosa, merayakan kemenangannya di podium Sirkuit Motegi, Jepang, Ahad (2/10).
Pembalap MotoGp asal Spanyol, Dani Pedrosa, merayakan kemenangannya di podium Sirkuit Motegi, Jepang, Ahad (2/10).

REPUBLIKA.CO.ID, LE MANS, PRANCIS -- Pebalap asal Spanyol, Dani Pedrosa, akan memulai balap dari posisi terdepan pada Moto GP Prancis, Minggu, setelah mencetak waktu tercepat pada sesi kualifikasi, Sabtu.

Pebalap Honda berusia 26 tahun tersebut - yang telah memenangi 15 Moto GP - akan start dari posisi terdepan setelah menyingkirkan rekan setimnya dan juara dunia, Casey Stoner dari Australia, dengan unggul 0,303 detik. Sedangkan pebalap Yamaha asal Italia, Andrea Dovizioso menjadi pebalap ketiga tercepat.

Pedrosa - yang masih mengincar kemenangan perdananya pada musim ini dan pada tahun lalu menderita patah tulang selangka sehingga dirinya harus absen pada beberapa balap - dan Stoner merupakan dua pebalap yang mampu mencatatkan waktu di bawah 1 menit 34 detik.

Penampilan terbaik Dovizioso di sesi kualifikasi merupakan catatan menarik, sebab ia mampu menyingkirkan dua pebalap resmi Yamaha, yakni juara dunia 2010, Jorge Lorenzo, dan pebalap Amerika Serikat, Ben Spies, ke baris kedua di urutan start.

Legenda hidup Italia, Valentino Rossi - yang difavoritkan untuk menggantikan Stoner ketika pebalap Australia tersebut pensiun pada akhir musim ini - akan memulai balap dari baris ketiga dengan Ducatinya, bersama dengan pebalap Prancis, Randy de Puniet, yang menunggangi Aprilia.

Pebalap Inggris Raya, Ben Crutchlow - yang tampil impresif di awal karirnya pada level ini - merupakan pebalap tercepat pada sebagian besar sesi kualifikasi, namun ia hanya menempati baris kelima.

Sumber : Antara/AFP
loading...