Rabu 08 Aug 2012 03:00 WIB

Duh Pejalan Cepat Italia Tersangkut Doping

Rep: Citra Listya Rini / Red: M Irwan Ariefyanto
Alex Schwazer
Foto: ap
Alex Schwazer

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON--Juara bertahan Olimpiade jalan cepat jarak 50K, Alex Schwazer, dipastikan tidak bisa mempertahankan predikatnya itu di Olimpiade London 2012. Pejalan cepat asal Italia itu batal diberangkatkan ke London karena gagal melewati tes doping.

Federasi atletik Italia (FIDAL) pada Senin (6/8), telah mengumumkan menarik keluar Schwazer dari Olimpiade London 2012. "Sore ini, FIDAL telah menerima konfirmasi positif tes doping Alex Schwazer dan CONI (Komite Olimpiade Italia) memutuskan untuk mengeluarkan dia (Schwazer) dari tim Olimpiade," ucap pernyataan FIDAL pada website resmi mereka seperti dilansir Sky Sport, Selasa (7/8).

Pernyataan FIDAL tersebut diperkuat Komite Olimpiade Italia (CONI) di hari yang sama memastikan Schwazer telah dicoret dari kontingen Italia. Peraih medali emas di nomor jalan cepat 50 km di Olimpiade Beijing 2008 lalu itu diketahui mengonsumsi zat terlarang. "Kejutan yang sangat pahit bagi kami. Apalagi, Schwazer selama ini dikenal sebagai atlet yang mengutuk pemakaian doping," kata Agen Alex Schwazer, Gloria Mancini, kepada AP seperti dikutip ESPN.

Komite Olimpiade Italia (CONI) juga tidak bisa menyembunyikan rasa kekecewaannya. "Schwazer mempunyai prestasi yang bagus, tapi akhirnya dihancurkan oleh berita buruk ini. Hal ini mengecewakan kami," kata Presiden CONI, Gianni Petrucci, kepada stasiun televisi di Italia.

Batalnya Schwazer ikut serta ke Olimpiade London 2012 sangat memukul dirinya. Kepada kantor berita ANSA, Schwazer menyatakan, penyesalannya yang mendalam atas kesalahan besar yang dilakukannya. "Saya ingin menjadi lebih kuat untuk Olimpiade, saya membuat kesalahan. Saya juga mengambil keputusan ini sendiri sehingga saya yang bertanggung jawab untuk apa yang telah terjadi," sesal Schwazer. Gara-gara kasus doping ini, laman Facebook milik Schwazer diserang oleh para penggemarnya. "Lebih baik Anda finis terakhir dengan usaha sendiri daripada menang dengan bantuan. Memalukan," tulis seorang fans. 

sumber : ap, espn
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement