Sabtu 04 Aug 2012 04:39 WIB

Tren Atlet Pengguna Jilbab di Olimpiade

Rep: Citra Listya Rini/ Red: M Irwan Ariefyanto
Pesepakbola Berjilbab
Foto: www.albawaba.com
Pesepakbola Berjilbab

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Olimpiade London 2012 terasa istimewa karena diramaikan atlet yang berlaga dengan tetap mengenakan hijabnya. Sejumlah atlet dari negara Timur Tengah maupun Asia Tenggara terlihat anggun mengenakan kerudung ketika tarung di atas panggung. Dalam catatan ROL, paling tidak ada 16 atlet berjilbab yang turun di Olimpiade London.

Salah satu dari mereka yang menjadi sorotan adalah judoka putri dari Arab Saudi, Wodjan Ali Seraj Abdulrahim Shahrkhani. Setelah melalui perdebatan cukup ruwet, karena panitia Olimpiade bingung soal aturan hijab dalam judo, akhirnya Shahrkhani boleh tanding mengenakan jilbab. Izin itu keluar setelah Federasi Judo Internasional (IJF) memberi izin soal jilbab yang dirancang khusus.

Shahrkhani sebelumnya tidak dibolehkan bertanding memakai jilbab. Menurut IJF, penggunaan jilbab bisa berbahaya bagi yang bersangkutan. Namun, IJF akhirnya melunak dengan alasan menghormati sensitivitas agama di Arab Saudi. "Sang atlet dibolehkan bertanding menggunakan jilbab. Semua pihak terkait telah menemukan solusi yang tepat terkait masalah ini," kata Juru Bicara Komite Olimpiade Internasional Mark Adams, seperti dikutip Telegraph, Selasa (31/7).

Shahrkhani mewakili Arab Saudi tampil di Olimpiade London 2012 untuk cabang olahraga judo kelas 78 kg putri. Pejudo berusia 16 tahun ini bersama pelari 800 meter Sarah Attar yang juga masih remaja, menjadi dua atlet pertama Arab Saudi yang berlaga di ajang Olimpiade. Baru kali ini, sepanjang sejarah keikutsertaannya di Olimpiade, Arab Saudi mengirimkan atlet putrinya.

Memang, kebanyakan atlet perempuan yang berjilbab tidak turun di cabang olahraga yang menuntut aktivitas fisik tinggi. Dari penelusuran ROL, atlet berkerudung di Olimpiade London 2012 didominasi dari cabang menembak dan panahan. Ada sebagian yang ikut di cabang anggar hingga dayung. Tapi, ada pula yang ikut di cabang lari dengan mengenakan kerudung khusus. 

Atlet Berhijab di Olimpiade

1. Rand al-Mashhadani (Irak) Panahan

2. Noor Amer al-Ameri (Irak) Menembak

3. Tahmina Kohistani (Afghanistani) Atletik

4. Azza Alqasmi (Bahrain) Menembak

5. Maziah Mahusin (Brunei) Atletik

6. Nada Kamel (Mesir) Panahan

7. Arezou Hakimimoghaddam (Iran) Dayung

8. Mahlagha Jambozorg (Iran) Menembak

 

9. Maryam Arzouqi (Kuwait) Menembak

10. Nur Suryani Mohd Taibi (Malaysia) Menembak

11. Shinoona Salah al-Habsi (Oman) Atletik

12. Woroud Sawalha (Palestina) Atletik

13. Bahya Mansour al-Hamad (Qatar) Menembak

14. Noor Hussain al-Maliki (Qatar) Atletik

15. Aia Mohamed (Qatar) Tenis Meja

16. Wojdan Shaherkani (Arab Saudi) Judo

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement