Kamis 02 Aug 2012 14:46 WIB

Menpora Minta Format Pertandingan Bulu Tangkis Ditinjau Ulang

Meiliana Jauhari (kiri) dan Greysia Polii
Foto: antara
Meiliana Jauhari (kiri) dan Greysia Polii

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Indonesia Kamis meminta penyelenggara Olimpiade untuk meninjau ulang format pertandingan bulu tangkis, setelah dua pemainnya didiskualifikasi karena mempermainkan pertandingan.

Greysia Polii dan temannya Meiliana Jauhari dipulangkan Rabu setelah mencoba mengalahkan diri sendiri pada putaran pertama penyisihan grup, untuk memanipulasi hasil memasuki fase sistem gugur.

"Indonesia selalu menghargai nilai dan semangat Olimpiade serta permainan yang sportif," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Andi Mallarangeng dalam pernyataannya yang dimuat dalam laman PBSI.

"Kami menghormati keputusan Federasi Bulu Tangkis Dunia, tetapi kami ingin agar sistem kompetisi itu ditinjau ulang," katanya.

BWF juga mendiskualifikasi dua pasang pemain Korea Selatan dan sepasang pemain China, karena dituduh "tidak menerapkan usaha keras untuk memenangi pertandingan." Polii mengatakan Kamis, ia tidak berusaha untuk kalah.

"Bagi saya sebagai pemain, tentu keputusan ini menjatuhkan mental kami dan tidak adil. Kami sudah berusaha bertarung keras. Tapi perjuangan kami sudah finis," kata pemain berusia 24 tahun itu, yang akan merayakan ulang tahunnya minggu depan, seperti tertulis dalam Twitter.

"Tidak masalah apa yang sudah terjadi. Kami sudah melakukan apa yang dapat kami perbuat. Kami tidak pernah ingin jadi pecundang. Kami menginginkan kemenangan dari setiap pertandingan yang kami lakoni," katanya.

"Kami amat menyesal dan minta maaf kepada semua orang. Saya tahu ini amat menyakitkan bagi saya dan teman saya. Kami harus berusaha berbesar hati," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement