Rabu 01 Aug 2012 23:58 WIB

Erick Thohir: Saya akan Bertanggungjawab

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Karta Raharja Ucu
Chef de Mission (CDM) Tim Olimpiade Indonesia, Erick Thohir
Foto: Republika/Prayogi
Chef de Mission (CDM) Tim Olimpiade Indonesia, Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk Olimpiade London 2012, Erick Thohir, secara ksatria bakal bertanggung jawab atas insiden yang menimpa pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Meiliana Jauhari di Wembley Arena, London. Greysia/Meiliana didiskualifikasi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) dari Olimpiade London 2012, karena dinilai 'main sabun'.

"Saya akan bertanggung jawab, tidak akan memberikan sanksi atau mengorbankan atlet. Mereka justru bisa dibilang korban dari sistem pertandingan," ujar Erick.

Erick menegaskan, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan menghargai keputusan BWF serta IOC terkait 'olympic values' dan me-review ke dalam. Erick berharap, ke depan BWF dapat me-review sistem pertandingan yang ada, sehingga hal seperti ini agar tidak terulang kembali.

BWF mendiskualifikasi empat pasangan ganda putri yang terlibat insiden kontroversial dan diduga memanipulasi hasil pertandingan terakhir penyisihan grup Olimpiade London. Keempat pasangan ganda putri itu adalah Wang Xiaoli/Yu Yang (Cina), Kim Ha Na/Jung Kyung Eun dan Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korea Selatan), serta Greysia Polii/Meiliana Jauhari (Indonesia). Keempatnya disinyalir sengaja memanipulasi hasil undian untuk babak perempat final. (baca: 'Main Sabun', Empat Ganda Putri Didiskualifikasi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement