Jumat, 28 Ramadhan 1435 / 25 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

'Main Sabun', Empat Ganda Putri Didiskualifikasi

Rabu, 01 Agustus 2012, 20:51 WIB
Komentar : 8
Reuters
Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii-Meiliana Jauhari saat bertanding melawan pasangan ganda putri Korsel, Ha Jung-eun dan Kim Min-jung, Selasa (31/7) malam.
Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii-Meiliana Jauhari saat bertanding melawan pasangan ganda putri Korsel, Ha Jung-eun dan Kim Min-jung, Selasa (31/7) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Empat pasangan ganda putri bulutangkis didiskualifikasi dari ajang Olimpiade London 2012. Alasannya, keempat ganda putri tersebut dinilai memanipulasi permainan agar kalah satu sama lain.

Keempat pasangan ganda putri tersebut adalah ganda putri Indonesia; Greysia Polii/Meiliana Jauhari, unggulan pertama Cina; Wang Xiaoli/Yu Yang, dua ganda putri Korea Selatan; Jung Kyung-eun/Kim Ha-na serta Ha Jung-eun/Kim Min-jung.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menyebut, keempat ganda putri itu 'main sabun'. Kedelapan atlet dinilai 'tidak bermain sepenuh hati' dan bersikap tidak sportif satu sama lain. Hal ini bertujuan untuk memanipulasi undian di laga perempat final.

Skandal ini dimulai ketika ganda putri Cina, Wang/Yu terlihat bermain lamban melawan ganda putri Korsel, Jung/Kim. Wang/Yu seolah pasrah kalah agar tidak menjadi pemuncak grup. Dengan begitu Wang/Yu bakal terhindar dari ganda putri Cina lainnya, Tian Qing/Zhao Yunlei di babak delapan besar.

Namun, permainan serupa dipertontonkan Jung/Kim. Mereka terlihat bermain ogah-ogahan. Alasannya apalagi agar kalah dan tidak menjadi pemuncak grup, sehingga terhindar dari Tian/Zhao.

Seperti virus flu burung yang menular cepat, taktik 'main sabun' juga diperlihatkan pasangan Korsel, Ha/Kim dan ganda putri Indonesia, Greysia/Meiliana. Kedua ganda putri tersebut bermain malas-malasan saat bentrok. Tak pelak, keempat atlet 'tepok bulu' itu pun diberi kartu hitam sebagai hukuman.

Bahkan, para penonton yang memadati Wembley Arena melontarkan makian kepada keempat pasangan tersebut, lantaran menyaksikan pertandingan tak bermutu. Hingga akhirnya BWF turun tangan dan memutuskan mengakhiri skandal dengan mendiskualifikasi pemain yang tidak sportif ini.

Reporter : Friska Yolandha
Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : ESPNstar
Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim(QS Ali Imran 3)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar