Ahad, 29 Juli 2012, 15:20 WIB

Perenang Putri Cina Pecahkan Rekor Dunia

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Dewi Mardiani
Medali Olimpiade (ilustrasi)
Medali Olimpiade (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perenang putri Cina, Ye Shiwen, berhasil memecahkan rekor dunia pada nomor 400 meter gaya ganti di Olimpiade XXX London 2012, Sabtu (28/7) waktu setempat atau Ahad (28/7) dini hari WIB. Atlet berusia 16 tahun ini mematahkan rekor sebelumnya untuk nomor gaya ganti 400 meter putri yang dipegang oleh perenang Australia, Stephanie Rice.

Shiwen memastikan diri merebut medali emas di Olimpiade London sekaligus memecahkan rekor dunia dengan catatan empat menit 28.43 detik. Catatan waktu ini melewati torehan yang dibuat Rice pada Olimpiade Beijing empat tahun lalu, yaitu empat menit 29.45 detik.

Menjadi yang terdepan, Shiwen tak sanggup menahan tangisan bahagianya usai pertandingan. "Saya tidak mengira bisa memecahkan rekor dunia. Saya memang bermimpi bisa merebut medali emas, tapi tidak pernah berharap bisa membuat rekor," ujar Shiwen seperti dikutip Xinhua.

Mempesona. Kata ini pantas ditujukan untuk penampilan Shiwen di kolam renang. Selain mencatatkan rekor dunia, ia juga berhasil mengalahkan perenang Amerika Serikat yang berstatus juara dunia, Elizabeth Beisel. Termasuk andalan Australia, Stephanie Rice dan perenang harapan Inggris Raya, yang juga peraih medali perak Kejuaraan Dunia, Hannah Miley.