Sunday, 2 Muharram 1436 / 26 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

SEA Games XXVI 2011, Sumsel Tuan Rumah 22 Cabang Olahraga

Wednesday, 27 October 2010, 22:25 WIB
Komentar : 0
SEA Games XXVI Palembang
SEA Games XXVI Palembang

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG--Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) sebagai tuan rumah SEA Games XXVI yang akan berlangsung November 2011 akhirnya ditetapkan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sebagai tempat pertandingan 22 cabang olahraga.

Wakil Ketua Umum II KONI Sumsel Dhennie Zaenal, Rabu (27/10) mengatakan, Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumsel sudah menerima surat resmi pembagian cabang olahraga SEA Games XXVI tahun 2011 dari Komite Olimpiade Indonesia. ''Dari 43 cabang yang dipertandingkan, Sumsel menjadi tuan rumah untuk 22 cabang. Sisanya dipertandingkan di Jakarta,'' ujarnya.

Dalam surat keputusan KOI No.002 tahun 2010 menyebutkan, cabang olahraga yang dipertandingkan di Sumsel adalah atletik, angkat besi, biliar, snooker, bisbol, bridge, bola voli, catur, fin swimming. gulat, menembak, panjat tebing, dan pentaque. Juga termasuk cabang aquatic yang terdiri dari renang, polo air, selam serta sinkronisasi, ski air, sepakbola, senam (artisitik, ritmik dan aerobik), sofbol, sepak takraw, sepatu roda, sof tenis, tenis dan tinju.

Menurut Dhennie Zaenal, Sumsel masih berpeluang untuk menambah beberapa cabor lagi, bahkan menjadi tuan rumah tunggal penyelenggara SEA Games, karena karena 20 wakil South East Asian Games Federation Sport and Rules Committee yang berasal dari 11 negara masih akan melakukan peninjauan langsung ke Palembang.

Wakil Ketua Umum II KONI Sumsel belum bisa memastikan jadwal kunjungan perwakilan South East Asian Games Federation Sport and Rules Committee tersebut. “Dalam waktu dekat mereka akan datang dan melihat langsung kondisi Kota Palembang. Kemudian mereka yang akan memberikan penilaian dan yang memutuskan apakah Sumsel layak menjadi tuan rumah tunggal,” tambahnya.

Dari wacana yang berkembang, Dhennie Zaenal tak menampik bahwa ada keinginan dari  negara peserta, agar pelaksanaan SEA Games bisa dipusatkan di satu kota saja untuk penghematan biaya. “Jika Sumsel ditetapkan sebagai tuan rumah tunggal, mungkin hanya cabang olahraga layar, berkuda, dan terbang layang yang tidak bisa dilaksanakan di Palembang,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan SEA Games XXVI, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan akan memusatkan mayoritas lokasi venue atau tempat pertandingan cabang olah raga di satu kawasan, yaitu di komplek olahraga Jakabaring atau Jakabaring Sports City yang kini sedang dalam pembangunan.

Sebelumnya delegasi dari 11 negara yang hadir pada pertemuan SEA Games Federation Sport and Rules Committee di Jakarta, akhir September 2010 secara aklamasi menyetujui penambahan lima cabang olahraga untuk dipertandingkan secara resmi pada SEA Games XXVI. Lima cabang itu adalah bridge, sepatu roda, paralayang, vovinam, panjat tebing. dan eksibisi cabang olahraga kriket.

Pada pertemuan itu, delegasi Indonesia juga akan mengupayakan permintaan peserta untuk penambahan penerbangan langsung dari Singapura ke Palembang. Saat ini terdapat tiga kali penerbangan dalam seminggu dari Singapura ke Palembang dan dilayani oleh perusahaan penerbangan Silk Air.

Reporter : Maspril Aries
Redaktur : Endro Yuwanto
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2]:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Doyan Minum Soda Tampak Lebih Tua?
SAN FRANSISCO -- Sebuah studi menemukan minuman bersoda dapat membuat sel-sel tertentu dalam tubuh menua lebih cepat. Peneliti University of California, San Fransisco menyimpulkan...