Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Perbakin Gelar Lomba Berburu Babi Hutan

Sabtu, 24 April 2010, 01:31 WIB
Komentar : 0
Babi hutan
Babi hutan

MALANG--Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) mengggelar lomba menembak babi hutan. Para peserta lomba tersebut, dilepas Walikota Malang, Peni Suparto, menuju kawasan hutan yang ada di kawasan Jawa Timur, Jumat (23/4).

Peserta berburu babi hutan itu sebanyak 187 orang. Sebanyak 43 peserta berasal dari Kota Malang. Sedangkan sisanya, sebanyak 144 orang peserta, berasal dari berbagai daerah di wilayah Jawa Timur.

Menurut Ketua Panitia Lomba Berburu Babi Hutan,  Yuli Dharmawan, peserta hanya diperbolehkan menggunakan senjata api kaliber 5,5 milimiter. Mereka membawa senjata api (Senpi) sebanyak 224 unit.

‘’Perlombaan berburu babi hutan ini tidak kami laksanakan di kawasan-kawasan hutan lindung. Peserta dilepas di kawasan-kawasan hutan yang tidak dilindungi sebagai arena berburu babi hutan itu,’’ jelas Yuli saat didampingi Kabag Humas Pemkot Malang, HM Yusuf.

Yuli menambahkan, lomba berburu babi hutan ini tidak melanggar aturan. Alasannya, babi hutan itu sering merusak tanaman milik petani. Khususnya di kawasan sekitar hutan.

Oleh karena itu, kata Yuli, lomba berburu babi hutan ini sebagai upaya untuk menyeimbangkan ekosistem babi hutan. Sehingga, babi hutan itu tidak mengganggu dan merusak tanaman milik petani.

Menurut Yuli, pemenang lomba berburu babi hutan ini nanti dipilih berdasarkan peserta yang memperoleh buruan paling banyak dan bobotnya paling berat. ‘’Harapannya,  komunitas babi hutan itu bisa berkurang. Sehingga, tidak mengganggu dan merusak tanaman petani,’’ pungkasnya.

Reporter : Asan Haji
Redaktur : Endro Yuwanto
Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  joni Kamis, 7 April 2011, 13:38
Apakah hanya kaliber 5,5 saja yang boleh mengikuti lomba? atau minimal kal. 5,5? trims.
  yoyok Minggu, 17 Oktober 2010, 19:15
Bisa lebih detail kecamatan dan desa-nya, kami akan coba bantu
  Karsoyo Senin, 9 Agustus 2010, 06:05
Di kampung saya di kecamatan dayeuhluhur kab cilacap, jawa tengah babi hutan menjadi hama yang sangat mengganggu petani kami ingin sekali menggelar lomba berburu babi hutan di sana bagaimana caranya agar kami bisa bekerja sama dengan perbakin diwilayah kab cilacap atau jawa tengan atau mungkin perbakin malang.

  VIDEO TERBARU
MUI Harapkan PPP Islah
JAKARTA -- Internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) alami perselisihan. Akan hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta PPP untuk segera melakukan Islah. "Pada forum...