Wednesday, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 January 2018

Wednesday, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 January 2018

Target Medali, Basket 3x3 akan Berlatih di Eropa

Jumat 12 January 2018 19:00 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Menpora mengunjungi pelatnas basket 3x3, Jumat (12/1) di lapangan basket Istana Kana Menteng Jakarta.

Menpora mengunjungi pelatnas basket 3x3, Jumat (12/1) di lapangan basket Istana Kana Menteng Jakarta.

Foto: Republika/Fitriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cabang olahraga basket 3x3 baik putra dan putri ditargetkan merebut medali pada ajang Asian Games 2018. Untuk mencapai target tersebut, sudah sejak awal Januari 2018 basket 3x3 menggelar pemusatan latihan nasional (Pelatnas). Perbasi menerapkan sistem program promosi dan degradasi. Selain itu, rencananya mereka akan berlatih selama satu bulan di Eropa yakni di Serbia dan Belanda selama satu bulan.

"Kami hanya memanggil enam pemain putra dan enam putri. Selama pelatnas, kami akan lakukan promosi dan degradasi agar selalu terjadi kompetisi di antara mereka," kata manajer tim basket 3x3 Maulana Fareza Tamrela kepada media di lapangan basket Istana Kana, Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta (12/1). 

Selain Pelatnas di Tanah Air, menurut Mocha sapaan akrab Fareza, tim basket 3x3 akan diikutkan kejuaraan FIBA Asia Cup di Senchen Cina pada 29 April-1 Mei 2018. Para pemain yang mengikuti pelatnas akan kembali ke klub masing-masing pada Sabtu (13/1). 

"Tanggal 5 Februari akan kami panggil kembali. Kemudian bulan April akan ada seleksi pemain sebelum ke Cina. Sekitar Juni atau Juli akan kita kirim ke Eropa, datu bulan di Belanda dan Serbia," kata dia.

Ia mengatakn, sampai Agustus tim belum tetap, baik itu pemain maupun pelatih. Ia mengatakan Perbasi ingin mereka tidak nyaman agar selalu memberikan yang terbaik. "Nanti saat bulan Agustus barulah kami tetapkan tim inti, empat pemain putra dan empat putri," kata dia.

Saat ini, tim putra diisi oleh Erick Jonathan Gosal, Rivaldo Tandra Pangesthio, Muhammad Reza Guntara, Regi Wiiliam Mononimbar, Henry Cornelius Lakay, dan Alkristian. Untuk tim putri diisi Dewa Ayu Made Ariarhta Kusuma, Regita Pramesti, Jovita Elizabeth Simon, Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Delaya Maria, dan Dora Lovita.

Badan Tim Nasional Perbasi Anthony Gunawan mengatakan, peluang basket 3x3 untuk merebut medali lebih besar dibandingkan 5 on 5.  "Di Asia, Indonesia menempati peringkat tujuh untuk putra dan lima untuk putri. Kalau di basket konvensional postur sangat menentukan, tapi untuk 3x3 bisa ditutupi dengan kecepatan pemain," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Istana Ini Kini Menjadi Museum

Rabu , 24 January 2018, 09:15 WIB