Sabtu 09 Dec 2017 21:29 WIB
Piala Dunia Basket 2023

Jokowi: Ini Kepercayaan FIBA pada Indonesia yang Beragam

Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas keberhasilan Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023. Indonesia bersama Filipina dan Jepang akhirnya terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia  FIBA 2023. 

Kepastian ini didapat setelah di putaran final pemilihan calon tuan rumah Piala Dunia FIBA 2013 di Jenewa, Swis, Sabtu (9/12). Tiga negara Asia itu mengalahkan pesaing lainnya Argentina dan Uruguay yang juga mencalonkan menjadi tuan rumah bersama.

“Alhamdulillah Indonesia bersama Jepang-Filipina dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket pada 2023. Kepercayaan dunia pada Indonesia yang menunjukkan keragaman, semangat, kekuatan, dan persatuan,” kata Jokowi melalui akun twitternya, Sabtu. 

Ini merupakan pertama kalinya tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA dilaksanakan dilebih dari satu negara. Pada penyelenggaraan sebelumnya, yakni 2014, Piala Dunia Basket FIBA digelar di Spanyol. Pada kejuaraan 2019, akan digelar di Cina. 

Menurut Presiden SEABA Erick Thohir menyatakan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 bukan hanya sejarah baru bagi Indonesia. Dia mengatakan, ini juga merupakan bentuk kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia. 

Menurut dia, keberhasilan ini juga membuka peluang Indonesia menjadi tuan rumah ajang olahraga yang lebih tinggi dan bergengsi lainnya seperti Olimpiade maupun Piala Dunia sepak bola di masa mendatang. 

Erick juga mengatakan banyaknya event olahraga internasional di tanah air akan sangat baik bagi percepatan terjadinya industri olahraga di tanah air. Apalagi, sekarang ini Indonesia memiliki venue Asian Games yang harus dimanfaatkan. 

 

Presiden SEABA Erick Thohir (kanan) ketika FIBA mengumumkan Indonesia bersama Filipina dan Jepang terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 di Jenewa, Swis, Sabtu (9/12). Piala Dunia Basket 2023 akan digelar di Jakarta, Manila, dan Okinawa. (Twitter/@JAPANBASKETBALL) 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement