Sabtu 09 Dec 2017 20:18 WIB

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

FIBA mengumumkan Indonesia bersama Filipina dan Jepang terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 di Jenewa, Swis, Sabtu (9/12).
Foto: Twitter/@fibawc
FIBA mengumumkan Indonesia bersama Filipina dan Jepang terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 di Jenewa, Swis, Sabtu (9/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia bersama Filipina dan Jepang akhirnya terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia  FIBA 2023. Kepastian ini didapat setelah di putaran final pemilihan calon tuan rumah Piala Dunia FIBA 2013 di Jenewa, Swis, Sabtu (9/12). 

Tiga negara Asia itu mengalahkan pesaing lainnya Argentina dan Uruguay yang juga mencalonkan menjadi tuan rumah bersama. Sekjen FIBA Patrick Baumann menyatakan terpilihnya Indonesia, Filipina dan Jepang karena memiliki semangat yang tinggi dalam mempersiapkan diri. 

Selain itu, jumlah penduduk lebih 500 juta jiwa, yang mayoritas usia muda,  di tiga negara menjadi daya tarik tersendiri. Baumann juga mengatakan FIBA sudah meninjau kesiapan semua calon tuan rumah. 

“Indonesia bersama Filipina dan Jepang merupakan perpaduan tepat untuk diberi kesempatan menjadi penyelenggara ajang basket tertinggi di dunia ini,” kata Baumann melalui siaran pers dari tim Indonesia sebagai kandidat tuan rumah Piala Dunia 2023 yang diterima Republika, Sabtu (9/12). 

Dengan populasi lebih dari 500 juta penduduk gabungan Indonesia, Filipina dan Jepang, tiga negara tersebut menjadi pilihan yang tepat untuk menyelenggarakan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. Tiga negara itu bersama FIBA akan bekerja sama untuk mewujudkan visi olahraga menjadikan bola basket sebagai komunitas olahraga paling populer. Termasuk untuk membuat lebih banyak orang bermain di lebih banyak tempat dan lebih sering.

Ini merupakan pertama kalinya tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA dilaksanakan dilebih dari satu negara. Pada penyelenggaraan sebelumnya, yakni 2014, Piala Dunia Basket FIBA digelar di Spanyol. Pada kejuaraan 2019, akan digelar di Cina. 

Dalam presentasi final pada Jumat (8/12) kemarin, Indonesia, Filipina, dan Jepang menjelaskan tiga prinsip yang diunggulkan dalam menjadi tuan rumah piala dunia Basket FIBA 2023, yakni kesederhanaan dalam desain turnamen untuk memastikan fokus atlet dan olahraganya. 

Turnamen ini akan digelar lima tempat di tiga kota, yaitu Manila, Jakarta dan Okinawa. Selain itu, tempat kompetisi akan berada dekat dengan akomodasi, media, medis dan layanan penting lainnya. 

Ini akan memastikan mereka yang hadir dalam acara tersebut dapat mengeksplorasi Manila, Jakarta dan Okinawa dengan mudah dan efektif.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement