Jumat , 08 December 2017, 07:54 WIB

Hangtuah Sumsel Ganti Nama Jadi Bank SumselBabel Hangtuah

Rep: Maspril Aries/ Red: Nur Aini
Republika/Raisan Al Farisi
Pebasket Hangtuah Sumsel Andre Smith melakukan slam dunk kedalam ring NSH Jakarta saat pertandingan IBL Reguler Season Seri II 2017 di Britama Arena, Mahaka Square, Jakarta, Ahad (5/2).
Pebasket Hangtuah Sumsel Andre Smith melakukan slam dunk kedalam ring NSH Jakarta saat pertandingan IBL Reguler Season Seri II 2017 di Britama Arena, Mahaka Square, Jakarta, Ahad (5/2).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Salah satu klub bola basket papan Indonesia yang berkompetisi di Indonesia Basketball League Hangtuah Sumsel siap berlaga di IBL musim 2018 mendatang. Klub bola basket yang bermarkas di Palembang akan tampil dengan nama baru Bank SumselBabel Hangtuah.

Pada kompetisi IBL 2018, Bank SumselBabel akan menjadi sponsor Hangtuah Sumsel dan akan berlaga dengan nama baru Bank SumselBabel Hangtuah. "Sekarang tim tengah melakukan persiapan untuk mengikuti kompetisi, " kata Direktur Utama Bank SumselBabel Muhammad Adil, Jumat (8/12).

Muhammad Adil menjelaskan, Bank SumselBabel menjadi sponsor utama dan akan mendanai tim selama berlaga di IBL 2018. Mengenai besarnya sponsor Bank SumselBabel Hangtuah sesuai kebutuhan tim selama kompetisi IBL. "Kami ingin Bank SumselBabel Hangtuah bisa mengharumkan Sumatera Selatan menjadi juara IBL 2018," ujarnya.

Bank SumselBabel Hangtuah pada IBL 2018 akan diperkuat beberapa pemain seperti Kelly Purwanto dan dua pemain asing Nashon George dan Keenan Palmore asal Amerika Serikat yang sudah bergabung dengan Sumsel Hangtuah sejak IBL 2017. Keenan Palmore pemain kelahiran 26 Februari 1994, putra dari Kevin Palmore dan Debbie Miller.

Dengan pergantian nama dari Hangtuah Sumsel menjadi Bank SumselBabel Hangtuah merupakan pergantian nama ketiga dari klub bola basket yang berdiri pada 1995 dan berlaga di kompetisi di Liga Bola Basket Nasional. Klub ini berdiri sebagai buah kerjasama Pengurus Provinsi Perbasi Sumsel, Yayasan Hangtuah Indonesia, dan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan diberi nama Muba Hangtuah.

Muba Hangtuah dibentuk atas inisiatif Alex Noerdin yang saat itu masih menjabat Bupati Muba. Kemudian nama Muba Hangtuah berubah nama menjadi Hangtuah Sumsel Indonesia Muda (Hangtuah Sumsel IM). Pada IBL 2016 kembali berganti nama menjadi Hangtuah Sumsel (HTS).

Bank SumselBabel Hangtuah kini berlaga di kompetisi elite bola basket nasional IBL yang mulai bergulir sejak 2003 yang merupakan kelanjutan dari dari era Kobatama (kompetisi bola basket utama)  yang sudah berkompetisi selama 20 tahun. Saat dikelola operator PT DBL Indonesia, liga bola basket profesional tersebut berganti nama National Basketball League (NBL). Sejak kompetisi 2017 dengan operator baru PT Bola Basket Indonesia, kompetisi kembali bernama IBL Pertalite 2017 dengan sponsor utama produk BBM Pertamina.

Sementara itu bagi Bank SumselBabel menjadi sponsor pada dunia olahraga klub bola basket Hangtuah Sumsel dan sekarang menjadi Bank SumselBabel Hangtuah bukan yang pertama. Sebelumnya Bank SumselBabel telah menjadi sponsor pada klub sepakbola profesional Sriwijaya FC yang berlaga di kasta tertinggi sepakbola Indonesia, Liga 1 Indonesia. Di cabang bola voli bank yang sahamnya milik Pemerintah Provinsi Sumsel dan Provinsi Bangka Belitung (Babel) bersama pemerintah kabupaten dan kota di dua provinsi tersebut telah memiliki klub bola vola Bank SumselBabel yang berlaga di kompetisi Proliga.