Ahad 03 Dec 2017 03:36 WIB

Surabaya Fever Juara Seri I Srikandi Cup

Surabaya Fever Juara Srikandi Cup 2017 Seri I Makassar
Foto: Dok Srikandi Cup
Surabaya Fever Juara Srikandi Cup 2017 Seri I Makassar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surabaya Fever berhasil menjadi juara Seri I kompetisi bola basket putri nasional Srikandi Cup 2017-2018. Fever menaklukkan Merpati Bali di final, Sabtu (2/12), dengan skor 67-48.

Bukan cuma menjadi juara, pemain Surabaya Fever Natasha Debby Christalin juga sukses menjadi pemain terbaik final Seri I dengan catatan 22 poin, sembilan rebound, dua assist dan tiga steal.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu (2/12), bertanding di GOR Flying Wheel, Makassar, Merpati sebenarnya berhasil memberikan tekanan di lima menit awal kuarter pertama kepada Fever.

Namun setelahnya, Merpati yang bertanding tanpa tiga pemain andalannya yakni Agustin Graditta Retong dan Dewa Ayu Made Sriartha yang harus mengikuti test event Asian Games 2018 di Jakarta serta Lamia Rasidi yang cedera, tak bisa mengembangkan permainan.

Setelah tertinggal 15-21 dan 25-35 pada dua kuarter pertama, Merpati semakin tertinggal pada perempat ketiga 58-33 hingga menyerah 48-67.

Pelatih Merpati Bambang Asdianto Pribadi menyebut kekalahan timnya di final disebabkan banyaknya kesalahan sendiri. Ditambah lagi, ketiadaan tiga pemain andalan membuat tim menjadi tak seimbang.

"Harus diakui tanpa Ditta, Ayu, Mia, kami sedikit timpang, meski ini bukanlah alasan mutlak. Kami terlalu banyak melakukan turn over yang berbuah poin bagi lawan," kata Bambang.

Walau kalah, tetap ada sisi positif yang diambil oleh pelatih yang akrab disapa Bing itu. Menurut dia, anak-anak asuhnya bisa beradaptasi dengan komposisi pemain yang tak lengkap.

Selain itu, hasil negatif bisa memberikan kesempatan bagi Merpati Bali untuk mengevaluasi diri.

"Kami harus menyusun pola serangan yang lebih baik. Di sisi pertahanan, saya kira kami sudah bermain bagus selama seri I," tutur Bambang.

Di kubu Merpati, Dewi Kadek Pratita menjadi pendulang poin tertinggi di timnya dengan membuat 14 angka, lima rebound dan dua assist.

Sementara, menanggapi gelar kampiun seri I Srikandi Cup 2017-2018, pelatih Fever, Wellyanto Pribadi mengaku belum puas. Alasannya, Gabriel Sophia dan rekan masih memiliki beberapa kekurangan yang mesti segera diperbaiki.

"Pertahanan dan komunikasi anak-anak masih kurang. Saat melawan Merpati Bali yang bermain kolektif, kami menang pengalaman. Kami harus bekerja keras di seri berikutnya," tutur Wellyanto.

Seri II Srikandi Cup 2017-2018 akan digelar di Surabaya pada 29 Januari-4 Februari 2018 dengan tuan rumah Fever.

Berikut peringkat keseluruhan Seri I Makassar

Juara: Surabaya Fever

Peringkat 2: Merpati Bali

Peringkat 3: Merah Putih Samator Jakarta

Peringkat 4: Tenaga Baru Pontianak

Peringkat 5: Tanago Jakarta

Peringkat 6: GMC Cirebon

Peringkat 7: Sahabat Semarang

Peringkat 8: Flying Wheel Makassar. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement