Jumat , 10 November 2017, 19:23 WIB

Hangtuah Gagal Revans, Aspac Peringkat Tiga

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Perbasi
Perbasi Cup 2017
Perbasi Cup 2017

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pertandingan menyisakan 16 detik saat Hangtuah Sumatra Selatan (Sumsel) tertinggal 71-74 dari Stapac Jakarta. Tepat di detik dua jelang pertandingan berakhir, Nashon George melakukan tembakan tiga angka. Walau gagal namun Nate Barfield yang menjaganya dinyatakan foul.

Hangtuah mendapat hadiah tiga kali lemparan bebas melalui George. Namun dari tiga kesempatan hanya tembakan pertama yang berhasil, kedudukan menjadi 72-74.

Penonton yang menyaksikan memberi semangat, namun tembakan George di kesempatan kedua gagal. Di tembakan ketiga, George sengaja tidak memasukan bola. Ia mencoba mendapat rebound tetapi justru tembakannya dinyatakan salah oleh wasit. Stapac langsung mengambil time out untuk menyerang dari setengah lapangan.

Eksekusi George yang menambah poin di dua detik akhir pertandingan itu menjadi poin terakhir di pertandingan perebutan tempat tiga yang berlangsung pada Jumat (10/11) di Mahaka Square Kelapa Gading Jakarta.

Hasil ini membuat Hangtuah Sumsel gagal melakukan revans terhadap Stapac. Saat pertandingan di Pool B sebelumnya, Hangtuah juga kalah dengan skor 88-94. Hasil ini menempatkan Stapac Jakarta meraih posisi ketiga Perbasi Cup 2017 yang digelar sejak 6 November 2017 lalu.

Usai pertandingan, pelatih Stapac Bong Ramos menyatakan, ia sudah menduga pertandingan akan berlangsung ketat. "Pada pertemuan di babak penyisihan juga berlangsung ketat. Namun tadi kelihatan pemain agak meremehkan lawan, sehingga kami sempat ketinggalan cukup jauh," jelasnya.

Pada pertandingan kali ini, Stapac menurunkan lima pemain pertama, Dominique Williams, Abraham Damar, Pringgo Regowo, Andika Ramadhani, dan Nate Barfield. Sedangkan, Hangtuah Sumsel menurunkan Lucky Pasondok, Nashon George, Luca Rimba Lioteza, Keenan Palmore, dan Amaludin.

Dua pemain asing Hangtuah Keenan Palmore dan Nashon George tampil impresif. Keduanya berhasil meraih double-double. Palmore memimpin dengan 30 poin dan 13 rebound, George mencetak 19 poin dan 11 rebound. Nate Barfield menjadi peraih poin tertinggi di Stapac dengan 23 poin, disusul Dominique dan Widyanta Teja masing-masing dengan 11 poin.