Jumat , 10 November 2017, 18:32 WIB

Kalahkan Siliwangi, Pacific Peringkat Lima Perbasi Cup 2017

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Perbasi
Perbasi Cup 2017
Perbasi Cup 2017

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pacific Caesar Surabaya menempati peringkat kelima Perbasi Cup 2017 setelah mengalahkan Siliwangi Bandung 70-66 (31-26) dalam laga perebutan tempat lima di Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (10/11).

Pacific Caesar menurunkan lima pemain pertama, yakni David Seagers, Muhammad Wardana, Okky Arista, Muhammad Wicaksono, dan Muhammad Indra. Adapun Siliwangi mempercayakan lima pemain pertama Azzayan Praditha, Kevin Moses Poetiray, Dian Heryadi, Anthony Hastings, dan Darnell Brown.

Pacific yang dilatih Kencana Wukir memimpin di dua kuarter awal. Kuarter pertama unggul 18-13 dan kuarter kedua memimpin 31-26. Kuarter ketiga giliran Siliwangi tampil lebih produktif dengan menambah 22 angka. Sedangkan, Pacific hanya 13 angka sehingga akhir kuarter tiga Siliwangi berbalik unggul 48-44.

Kuarter terakhir berlangsung makin menarik, saling susul angka terjadi. Pertandingan tersisa 17 detik, posisi 66-68 Siliwangi tertinggal dalam posisi menyerang. Namun, Siliwangi gagal memanfaatkan serangan. Justru Pacific yang menambah dua angka dan menutup pertandingan dengan skor 70-66.

Usai pertandingan pelatih Siliwangi Ali Budimansyah menyatakan kecewa dengan kekalahan timnya. Padahal, peluang untuk memenangkan pertandingan ada.

"Kalau melihat hasil pertandingan tadi agak kecewa karena sebenarnya kami sempat unggul. Ini pelajaran buat para pemain, tidak boleh melakukan kesalahan. Terutama di saat posisi kritis. Pemain harus bisa mengatasi tekanan saat angka kritis" ujar Budimansyah.

Namun, secara keseluruhan mantan pemain All-Star Asia ini menilai penampilan Siliwangi melebihi yang diperkirakan. "Kami tidak ada target peringkat di Perbasi Cup 2017 ini, kami hanya ingin membuat tim lebih kompak, chemistry baik sesama pemain lokal maupun dengan dua pemain asing inilah yang kami targetkan. Dan seiring waktu terus membaik."