Rabu , 08 November 2017, 16:41 WIB

Kalahkan Hangtuah, Stapac ke Semifinal Perbasi Cup

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Perbasi
Perbasi Cup 2017
Perbasi Cup 2017

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stapac Jakarta menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal Perbasi Cup 2017. Kepastian ini diperoleh setelah di pertandingan terakhir pool B di Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (8/11) Stapac menang 94-88 (52-34) atas Hangtuah Sumatra Selatan.

Sebelumnya di pertandingan pertama, Stapac menang atas Bima Perkasa Jogja. Dengan dua kemenangan, Stapac keluar sebagai juara pool B.

Stapac menurunkan lima pemain pertama Dominique Williams, Abraham Damar Grahita, Pringgo Regowo, Rizky Effendi, dan Nate Barfield. Sementara Hangtuah mempercayakan lima pertama pada Abraham Wenas, Lucky Pasondok, Nashon George, Keenan Palmore, dan Amaludin.

Sejak kuarter pertama, Stapac mampu mendominasi dengan unggul 27-17. Pada kuarter kedua Stapac masih memimpin 52-34. Kuarter tiga, Stapac unggul 79-68. Baru di kuarter terakhir, setelah Barfield foul out Hangtuah mampu mengimbangi. Walau akhirnya kemenangan tetap di tangan Stapac 94-88.

Dominique Williams kembali menjadi penyumbang poin terbanyak bagi Stapac dengan 26 poin, diikuti Barfield dengan 16 poin, Abraham Grahita 13 poin, dan Pringgo 12 poin. Di kubu Hangtuah, duet pemain asing kembali menunjukkan dominasinya, Geroge mencetak double-double dengan 29 poin dan 18 rebound. Palmore juga mencetak 29 poin tujuh steal, serta Abraham Wenas dengan 14 poin termasuk empat kali tembakan 3 poin dari enam kali percobaannya.

Pelatih Stapac Geraldine Villalon Ramos atau yang akrab disapa Bong Ramos menyatakan, ia lebih banyak menurunkan pemain lokal. Karena Barfield sejak kuarter dua sudah foul trouble. "Tadi kami banyak menurunkan pemain lokal plus satu pemain asing, karena Barfield sering terkena foul," ujar dia. Namun begitu, dengan sebagian besar menurunkan pemain lokal Stapac tetap dapat mengontrol pertandingan.

Pelatih Hangtuah Andika Saputra mengaku timnya agak longgar di awal permainan. "Kami baru bisa defense ketat di akhir kuarter tiga dan di kuarter empat. Sehingga lawan tidak mudah cetak poin. Kami juga dibantu penampilan apik dari dua pemain asing kami."

Dengan hasil ini kemungkinan besar Stapac akan bertemu Satria Muda (SM) Pertamina di babak semifinal yang akan digelar Kamis (9/11). Hangtuah kemungkinan akan keluar sebagai runner-up terbaik dan akan berjumpa Pelita Jaya. Ini semua bisa terjadi jika SM Pertamina dan Pelita Jaya memenangkan pertandingan terakhirnya hari ini.