Selasa , 07 November 2017, 17:39 WIB

Pertahanan Menjadi Kunci Kemenangan Warriors

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
REUTERS/Noer Qomariah Kusumawardhani
Stephen Curry
Stephen Curry

REPUBLIKA.CO.ID,  OAKLAND -- Juara musim lalu Golden State Warriors meraih kemenangan keempat di kompetisi bola basket NBA setelah mengalahkan Miami Heat 97-80 di Oracle Arena, Selasa (7/11). Kemenangan ini mengantarkan Warriors menang di empat pertandingan secara beruntun.

Kevin Durant menjadi pencetak poin terbanyak bagi Warriors kali ini. Disusul Draymond Green yang mencetak 18 poin dan Stephen Curry dengan 16 poin.

Menurut Curry, pertahanan yang baik menjadi kunci kemenangan dalam pertandingan ini.

"Enak rasanya untuk tahu jika kami fokus dan bermain dengan pertahanan yang solid dan fokus di situ, terlepas dari pelanggaran kami, kami berada di posisi untuk menang," kata Curry seperti dilansir dari ESPN, Selasa (7/11).

Kemenangan atas Heat menjadi kemenangan ketujuh dari delapan pertandingan terakhir Warriors. Sebelumnya, Warriors selalu mencetak 100 poin di setiap pertandingan musim ini. Meski kali ini Warriors mencetak poin di bawah 100 poin, pelatih Warriors Steve Kerr puas dengan performa para pemainnya.

"Saya kira pertahanan kami di pertandingan ini menjadi yang terbaik pada tahun ini," kata Kerr.

Kerr mengatakan, timnya bermain dengan baik karena bisa menahan Heat di 80 poin. Durant yang juga menyumbang enam assist dan tiga kali memblok tembakan lawan mengatakan, pertandingan ini seperti laga di Wilayah Timur.

"Jika kami ingin menjadi tim hebat kami harus bermain dengan cara yang berbeda. Ini uji coba yang bagus bagi kami," kata Durant.

Pertandingan dibuka lewat tembakan tiga poin Draymood Green. Stephen Curry membuat penonton di Oracle Arena bersorak saat ini memberikan assist lewat punggungnya. Assist dari Curry tersebut pun diselesaikan dengan baik oleh Green lewat tembakan tiga poin.

Di kuater pertama ini Warriors cukup kesulitan. James Johnson bermain sangat baik pada kuater awal. Pertahanannya pun sangat baik. Johnson sempat memblok tembakan tiga poin Draymood Green.

Penonton kembali bersorak saat Jordan Bell melakukan lay-up dunk. Bell memaksimalkan dengan baik assist dari Andre Igoadala. Kuater pertama ini hampir dimenangkan Miami Heat, tapi Curry berhasil membalikkan keadaan lewat tembakan dua poin, kuater pertama pun berakhir 22-21.

Di awal kuater kedua Warriors cukup kewalahan dan sempat tertinggal 29-32. Tapi lima menit kuater kedua berjalan pertahanan Warriors semakin membaik. Kevin Durant berhasil memblok lay-up Hassan Whiteside dengan baik.

Dua menit jelang kuater kedua berakhir, Warriors pun membalikkan keadaan. Warriors unggul 39-34. Sejak saat itu Warriors terus memimpin di kuater ini. Kuater kedua pun berakhir 50-37.

Di kuater ketiga Heat gagal bangkit. Warriors terus menambah poin lewat Green dan Curry. Tiga menit kuater ketiga berjalan Heat tertinggal jauh 60-40.

Tapi Heat berhasil membuat Warriors tidak mencetak poin selama dua menit. Hingga Heat bisa sedikit mengejar dan kedudukan pun menjadi 60-50. Warriors kembali bangkit lewat Klay Thomson dan Stephen Curry. Kuater ketiga pun berakhir 75-57.

Pada kuater terakhir Heat baru bisa menguasai jalannya pertandingan. Tapi jarak poin sudah terlalu jauh. Pertandingan ditutup lewat tembakan tiga poin Wayne Ellington.