Selasa , 07 November 2017, 16:30 WIB

SM Pertamina Raih Kemenangan Perdana di Perbasi Cup 2017

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Republika/Fitriyanto
Latihan Perdana SM Pertamina. Dalam rangka persiapan Perbasi Cup 2017. Juara  bertahan Satria Muda (SM) Pertamina menggelar latihan perdana, Senin (6/11) di Mahaka Square Kelapa Gading Jakarta Utara, latihan langsung dipimpin pelatih kepala Youbel Sondakh.
Latihan Perdana SM Pertamina. Dalam rangka persiapan Perbasi Cup 2017. Juara bertahan Satria Muda (SM) Pertamina menggelar latihan perdana, Senin (6/11) di Mahaka Square Kelapa Gading Jakarta Utara, latihan langsung dipimpin pelatih kepala Youbel Sondakh.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Juara bertahan Satria Muda (SM) Pertamina berhasil meraih kemenangan perdana dalam Perbasi Cup 2017. Bertanding di Mahaka Square Kelapa Gading Jakarta Utara, Selasa (7/11), tim asuhan Youbel Sondakh unggul atas Siliwangi Bandung dengan skor 70-43 (32-26).

SM Pertamina menurunkan lima pemain lokal sejak awal pertandingan, yakni Hardianus Lakudu, Juan Laurent Kokodiputra, Arki Dikania Wisnu, Kevin Yonas Sitorus Argadia, dan Christian Ronaldo Sitepu. Sementara, Siliwangi langsung menurunkan dua pemain asingnya sejak awal permainan, yakni Anthony Donnavan Hastings dan Darnell Brown untuk mendukung Azzaryan Praddhitya, Aditya Reynaldi Lumanauw, dan Dian Heryadi.

Kuarter pertama pertandingan berlangsung menarik, Siliwangi mampu mengimbangi permainan SM Pertamina. Arki dan rekan-rekanya hanya unggul 16-14 di akhir kuarter pertama. Kuarter dua SM Pertamina masih unggul 32-26. Demikian pula kuarter tiga, SM Pertamina walau unggul namun masih tidak terlalu jauh yakni 46-37.

Kuarter akhir SM Pertamina baru mulai menjauh dengan meraih 24 angka. Sementara, Siliwangi hanya menambah enam angka. SM Pertamina pun memenangkan laga ini dengan skor 70-43.

Meski hanya bermain sekitar 20 menit, dua pemain asing SM Pertamina masih mendominasi perolehan poin. Dior Lowhorn mencetak 17 poin, 13 rebound, dan Kevin Bridgwaters mencetak 14 poin, Juan Laurent menambah 11 poin termasuk tiga kali tembakan tiga angka yang berhasil dari enam kali percobaan.

Meski menang dalam pertandingan kali ini, pelatih kepala SM Pertamina Youbel Sondakh mengaku masih belum puas dengan penampilan yang ditunjukkan para pemainnya. "Ini baru kali ketiga mereka bermain bersama. Belum terjadi keselarasan tim, terutama dengan pemain asing. Yang sesama pemain lokal sudah lumayan."

Terbukti, kata Youbel, di kuarter akhir saat SM Pertamina menurunkan para pemain lokal, timnya dapat bermain dengan baik. "Tetapi secara keseluruhan saya belum puas. Untuk pemain asing skill sudah sesuai dengan ekspektasi saya. Tinggal bagaimana mereka dapat menyatu dengan tim," jelas Youbel.

Pelatih kepala Siliwangi Ali Budimansyah mengaku secara keseluruhan cukup puas dengan apa yang ditunjukkan pemainnya. "Secara keseluruhan saya kasih nilai 7 untuk permainan kali ini. Tadi SM Pertamina sempat deg-degan juga lawan kami. Sayang di kuarter akhir pemain kami menurun staminanya. Kendala para pemain kami adalah di stamina, wajar kami baru 10 hari kumpul."

Dengan hasil ini, Siliwangi masih memimpin Pool C. Pada pertandingan pertama Senin (6/11), Siliwangi menang dari NSH. SM Pertamina akan melanjutkan pertandingan kedua, Rabu (8/11) pukul 17.00 WIB melawan NSH. Jika menang, maka SM Pertamina akan keluar sebagai juara Pool C dan lolos ke semifinal.