Senin 06 Nov 2017 15:48 WIB
Perbasi Cup

Siliwangi Kecewa Fisik, NSH Masih Memilih Pemain Asing

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Ali Budimansyah
Foto: Instagram Ali Budimansyah
Ali Budimansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 13 pemain asing dari 20 yang akan berlaga diIndonesian Basketball League (IBL) 2017/2018 telah menunjukkan kemampuannya kepada publik dalam ajang Show Case Game IBL pada Jumat (3/11) lalu. Secara umum, semua klub dapat menerima pemain yang telah mereka pilih, baik pada ajang draft IBL maupun saat pemilihan susulan karena pemain yang dipilih saat draft ada yang tidak bisa datang.

Siliwangi Bandung adalah salah satu tim yang kurang beruntung dalam draft IBL, ternyata dua pemain yang mereka pilih saat draft tidak bisa bergabung. 

Pelatih kepala Siliwangi Ali Budimansyah saat menyaksikan Show Case Game lalu menyatakan tidak mudah memilih pemain asing. Pilihan pertama saat draft IBL tidak bisa, kemudian sempat memilih dua sampai tiga kali ternyata pemain tersebut juga tidak bisa. Barulah saat keempat kalinya dapat pemain asing.

"Pemain kami baru datang satu yakni Donnavan Anthony Hastings, sementara Darnel Brown II belum datang. Katanya ketinggalan pesawat," ungkap Budi, Ahad (5/11).

Menilai kemampuan pemain asingnya, Budi masih merasa sesuai dengan apa yang dilihatnya melalui tayangan video. Namun yang ia kecewa adalah postur tubuhnya yang ternyata lebih gemuk dari yang dilihat di tayangan video.

"Bisa jadi saat rekaman video itu dibuat saat posturnya masih bagus. Mungkin setelah itu dia lama tidak bermain di liga lainnya. Inilah kelamahan jika kita memilih melalui video, tetapi secara permainan masih sesuaidengan ekspektasi saya," kata Budi. 

Menurut dia, yang lebih penting, seberapa besar pengaruh sang pemain nantinya kepada tim. Skill bagus dan postur bagus, kata Budi, kalau merusak tim juga berbahaya.

Tidak hanya Siliwangi yang kesulitan mendapatkan pemain asing. NSH Jakarta hingga Show Case Game lalu juga baru satu pemain yang datang. Namun, satu pemain NSH, Brachon Lanalt Griffin menjadi salah satu pemain yang paling menonjol dalam show case game IBL lalu.

"Sebelumnya manajemen NSH telah memilih pemain asing pengganti, tetapi dari sekian yang telah kita pilih selalu tidak siap. Semoga sebelum lBL digelar, kami sudah memilki dua pemain asing," ujar pelatih NSH, Wahyu Widayat Jati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement