Sabtu , 07 Oktober 2017, 06:43 WIB

SM Pertamina dapat Tambahan Point Guard Baru

Rep: Fitriyanto/ Red: Ratna Puspita
Istimewa
Pemain anyar Satria Muda Pertamina Christian Gunawan bersama Erick Thohir
Pemain anyar Satria Muda Pertamina Christian Gunawan bersama Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Satria Muda Pertamina terus meningkatkan kekuatan tim menghadapi Indonesian Basketball League (IBL)2017/2018. setelah memilih dua pemain asing dalam Draft IBL beberapa waktu lalu, SM Pertamina kini mendapat satu tambahan pemain muda yang berposisi sebagai point guard.

Rekrutan anyar tim asuhan Youbel Sondakh ini adalah point guard asal Universitas Pelita Harapan, Christian Gunawan. Sebelumnya, manajemen Satria Muda Pertamina juga merekrut pemain asal UPH, Rivaldo Tandra, untuk mematangkan regenerasi tim. 

Namun berbeda dengan Rivaldo yang masih harus bermain di Liga Mahasiswa, Christian akan menjalani debutnya di IBL musim 2017/2018 mendatang. Ia akan memperkuat tim Satria Muda Pertamina untuk tiga tahun mendatang.

Meski masih muda, pemain yang akrab disapa Coke ini cukup berpengalaman. Bertindak sebagai kapten, Coke sukses membawa UPH back-to-back juara Liga Mahasiswa musim 2015-2016. Ia juga sering kali mewakili tim nasional 3x3 Indonesia di kejuaraan Internasional. 

Pemain yang pernah memperkuat Timnas Indonesia pada ajang ASEAN University Games 2016 ini dikenal memiliki kecepatan serta akurasi passing dan tembakan yang baik. Kehadiran Coke praktis akan meramaikan posisi point guard yang saat ini diisi oleh Hardianus, Audy Bagastyo, dan satu pemain asing, Kevin Brudgwaters.

Tapi, pelatih Youbel Sondakh melihat hal ini sebagai sebagai peluang untuk menumbuhkan atmosfer kompetitif di tim. "Persaingan point guard di tim menjadi lebih seru dengan hadirnya Coke. Semoga mereka semua dapat sama-sama berkembang lebih baik ke depannya,” kata dia melalui siaran pers yang diterima Republika, Jumat (7/10). 

Dia menambahkan atmosfer kompetitif dalam tim sangat bagik karena bagi kualitas tim. “Karena kompetisi di tim sendiri sudah semakin ketat. Dengan meningkatnya kompetisi di level individu, otomatis tim pun juga akan meningkat. Saya yakin dia (Coke) juga bisa bersaing," katanya.

Vice President PT Indonesia Indonesia Sport Venture Rony Gunawan yang menaungi tim Satria Muda Pertamina melihat Coke juga punya kelebihan sebagai point guard. "Dia punya semangat bersaing yang tinggi, tidak takut meski ada Hardi dan Egha. Selain itu dalam beberapa pertandingan uji coba dia juga punya visi bermain yang bagus sebagai point guard murni," kata dia. 

Coke mengaku sudah siap menghadapi persaingan. Baginya, banyaknya pemain muda di tim justru menjadi salah satu alasan memilih bergabung dengan Satria Muda Pertamina. "Siap tidak siap harus siap karena ini levelnya sudah profesional. Banyak pemain muda disini justru malah membuat persaingannya seru karena semua ingin menang. Senang juga rasanya karena di sini juga banyak teman-teman dari UPH (yang bermain di SM)," kata pemain kelahiran 4 Mei 1994 ini.

Coke dijadwalkan akan mulai berlatih bersama tim mulai pertengahan minggu depan. Selamat datang, Coke! 

Tentang Christian Gunawan:

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 1 Mei 1994

Posisi: Point Guard

Tinggi/berat: 175 cm / 69 kg

Prestasi:

- Juara 1 LIMA Nasional 2015

- Juara 1 LIMA Nasional 2016

- Timnas ASEAN University Games 2016 Singapore

- 3x3 World Championship 2014 Russia

- 3x3 World Hoops 2016 Penang

- 3x3 Asian Unversity 2016 Macau

- Pelatda PON DKI 2016

- Juara 2 POMNAS Aceh 2015

- 3x3 Asian University 2017 Malaysia

- 3x3 FISU World University League