Ahad , 24 September 2017, 18:54 WIB

SM Pertamina Peringkat Enam Merlion Cup

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Satria-Muda.com
Pelatih Satria Muda Pertamina Youbel Sondakh (baju hitam) memberikan instruksi kepada para pemainnya.
Pelatih Satria Muda Pertamina Youbel Sondakh (baju hitam) memberikan instruksi kepada para pemainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satria Muda (SM) Pertamina Jakarta harus puas menempati peringkat enam Merlion Cup 2017, setelah pada pertandingan terakhir harus mengakui keunggulan Yulon Luxgen Dinos (YLD) 85-88 (36-40), Ahad (24/9). Dari empat kali pertandingan yang dimainkan di OCBC Arena, Singapura, Vamiga Michel dkk hanya memetik satu kemenangan.

Pelatih Youbel Sondakh menurunkan starting five Harry Jacobs, Vamiga Michel, Juan Lauren Kokodiputra, Muhammad Rizal Falconi, dan Shawn Taggart menghadapi klub asal Taiwan itu. 

Kuarter pertama SM Pertamina mampu menggungguli lawannya 23-20. Namun pada kuarter dua berbalik YLD unggul 40-36. Kuarter tiga YLD tetap memimpin 65-61. Keunggulan tga angka ini berakhir hingga akhir pertandingan, yakni 88-85 untuk kemenangan YLD.

Youbel mengungkapkan, memainkan sembilan pertandingan dalam waktu 12 hari berat buat pasukannya. "Apalagi lawan di atas kami semua. Kami berharap pemain SM pasti mendapatkan pengalaman dari dua turnamen ini baik mental, fisik dan skill," kata Youbel kepada Republika.co.id.

Kontribusi pemain asing kembali mendominasi bagi tim yang bermarkas di Kelapa Gading Jakarta ini. Shawn Taggart mencetak dobel dobel, 33 angka, 12 rebound. Dior Lowhorn juga mencetak dobel dobel, 15 angka 10 rebound.

Garry Jacobs mengemas 21 poin. Falconi mencetak enam angka, Gunawan lima angka, Vamiga tiga angka dan Audi Bagastyo dua angka.

Pemain LYD Lu Cheng Ju mencetak angka tertinggi bagi timnya 19 angka, diikuti Chu PO Chan 16 angka, Lee Teuk Wei 13 angka dan Lu Ku Liang 10 angka.

Sebenarnya SM Pertamina lebih banyak melakukan percobaan yakni 83 kali, tetapi hanya 34 yang berhasil. Sedangkan YLD 73 kali percobaan dan 36 kali menghasilkan angka. Rebound kedua tim berimbang sama-sama mencetak 45 kali. Yang menjadi pembeda dan menyebabkan kekalahan adalah akurasi tembakan tiga angka SM Pertamina sangat rendah. SM Pertamina hanya memasukkan tujuh dari 29 kali percobaan, sedangkan YLD dari 24 percobaan 14 kali melesak mulus ke dalam ring.

Usai mengikuti dua turnamen internasional, SM Pertamina akan kembali ke Jakarta. Rencananya, sebelum tampil di IBL, SM Pertamina akan mengikuti turnamen Perbasi Cup 2017 yang akan digelar November. 

 

TAG

Berita Terkait