Ahad , 24 September 2017, 02:14 WIB

Berebut Posisi 5, SM Pertamina Hadapi Tim Taiwan

Rep: Fitriyanto/ Red: Ratna Puspita
dok SM Pertamina
Youbel Sondakh
Youbel Sondakh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Satria Muda (SM) Pertamina akan kembali bertanding dalam lanjutan turnamen basket internasional, Merlion Cup 2017. Tim asuhan Youbel Sondakh ini akan menghadapi Yulon Luxgen Dinos (SBL, Taiwan) untuk memperebutkan posisi lima pada Ahad (24/9) di OCBC Arena Singapura.

Pelatih Kepala Youbel Sondakh kepada Republika, Sabtu (23/9) menyatakan akan memberi kesempatan lebih banyak kepada pemain lokal dalam pertandingan tersebut. "Sama pada gim sebelumnya saat menghadapi tim asal Filipina, kita juga akan memberi minutes play lebih banyak kepada pemain lokal,” kata dia. 

Dia menerangkan ini sesuai tujuan utama SM mengikuti turnamen internasional yakni memberi kesempatan kepada pemain muda. “Kita ingin mental mereka teruji menghadapi lawan yang secara teknik maupun postur berada diatas mereka" ujar Youbel.

Setelah mengikuti dua turnamen, di Taiwan pekan lalu dan sekarang di Singapura, menurut pelatih terbaik IBL 2016/2017 ini, seharusnya pemain makin baik ketika menghadapi tim lain di IBL. “Karena di sini lebih kepada mental yang kena buat mereka,” ujar dia. 

Semula, SM Pertamina menargetkan posisi empat besar di turnamen ini. Namun dua kekalahan yang dialami dalam dua laga awal membuat Vamiga Michel dkk hanya menempati peringkat tiga di grup sehingga hanya akan memperebutkan posisi lima besar.

Selain melakukan ujicoba dengan mengikuti turnamen internasional, untuk mempersiapkan kompetisi IBL, SM Pertamina juga akan memilih pemain asing baru dalam draft pemain asing yang akan digelar Oktober mendatang.

“Kami tidak mempertahankan pemain asing yang lalu, kami akan mencoba memilih pemain asing yang lain pada draft pemain asing yang ditawarkan oleh IBL. Pilihan pemain asing tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu" ujar Youbel.