Sabtu 08 Jul 2017 20:30 WIB

Timnas Basket Indonesia Dapat Undian Ringan di SEA Games

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Ratna Puspita
Pebasket Indonesia Andakara Prastawa (kanan) saat melawan Singapura pada SEABA Championship 2017.
Foto: FIBA.com
Pebasket Indonesia Andakara Prastawa (kanan) saat melawan Singapura pada SEABA Championship 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALALUMPUR -- Tim nasional basket putra Indonesia mendapat undian ringan pada SEA Games 2017. Indonesia dipastikan tidak perlu menghadapi tim terkuat di Asia Tenggara, Filipina, seperti dua tahun lalu.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis di akun resmi media sosial Twitter panitia SEA Games 2017, Sabtu (8/7),

Hasil undian cabang olahraga bola Basket (Laki-laki) SEA Games 2017 membuat tim nasional Indonesia berada di group yang cukup mudah. pembagian grup SEA Games digelar di Renaissance Kuala Lumpur Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, hari ini.

Hasilnya, Indonesia berada di Group B bersama Singapura, Kamboja, Vietnam dan Laos. Dari empat tim tersebut, Singapura yang meraih medali perunggu dua tahun lalu berpotensi menjadi lawan terkuat Indonesia.

Namun, tim Merah Putih punya catatan bagus ketika menghadapi Singapura. Termasuk mencatat kemenangan pada semifinal SEA Games 2017 di Singapura. Kala itu, Indonesia menang dengan skor 87-74.

Hasil undian juga menunjukkan Grup A menjadi grup neraka. Filipina diprediksikan bakal melenggang ke babak berikutnya. Namun, Thailand harus berebut tempat kedua dengan tuan rumah, Malaysia. Tim keempat yang bergabung di grup ini, yaitu Myanmar.

Sejak dipertandingkan pada 1977 di Kuala Lumpur, Malaysia, Filipina hampir selalu sukses menjadi juara SEA Games. Filipina hanya gagal menjadi juara ketika SEA Games 1989 di Kuala Lumpur. Kala itu, tuan rumah yang berhasil merengkuh podium pertama.

Malaysia bersama Thailand juga tercatat sebagai pengoleksi medali perak terbanyak untuk cabang olahraga bola basket putra dengan tujuh kali menjadi runner-up. Sedangkan raihan terbaik Indonesia, yaitu tiga kali meraih medali perak pada 2001, 2007, dan 2015.

Pada SEABA yang digelar pada Mei lalu di Filipina, Indonesia hanya kalah satu kali di final saat melawan tuan rumah. Indonesia berhasil menggilas Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Myanmar di kompetisi tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement