Kamis 18 May 2017 18:07 WIB

Ini Pesan Enes Kanter untuk Pebasket Muda Indonesia

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andri Saubani
 Pebasket penyerang tengah dari club OKC Thunder Enes Kanter saat melakukan meet and greet di Britama Arena, Jakarta, Kamis (18/5).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pebasket penyerang tengah dari club OKC Thunder Enes Kanter saat melakukan meet and greet di Britama Arena, Jakarta, Kamis (18/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Center Forward OKC Thunder, Enes Kanter berkesempatan mendatangi Indonesia hari ini (18/5). Setibanya di Jakarta, Kanter langsung mengunjungi Britama Arena, Kelapa Gading untuk memberikan pelatihan terhadap 60 pebasket muda dari Indonesia Basketball Academy (IBA) dan 90 anak dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI).

Dalam memberikan pelatihannya, Kanter mengarahkan langsung para pemain muda IBA dengan melakukan teknik dasar bermain basket. Semua pebasket muda IBA turun ke lapangan dan mengikuti arahan yang diberikan Kanter.

Kanter mengajarkan mereka latihan bagaimana melakukan dribble bola dengan baik. Hanya saja, Kanter melakukan hal itu dengan cara fun games sehingga anak-anak IBA mengikuti kegiatan pelatihan dengan seru.

Tak hanya dribble, Kanter juga mengajarkan bagaimana melakukan lemparan bola ke dalam ring. Semua pemain muda IBA melakukan satu-persatu bergantian memasukkan bola ke ring.

Sebelum Kanter mengajarkan teknik permain basket sederhana itu, ia memberikan pesan tersendiri untuk memotivasi pemain muda. "Sesuatu yang paling penting itu rasa percaya diri yang harus ada," kata Kanter di Britama Arena, Kamis (18/5).

Menurutnya, permainan basket merupakan olahraga yang menyenangkan sehingga ia mengharapkan para pemain muda harus bisa menikmatinya. Selain itu, pemain kelahiran 1992 itu juga berpesan, para pemain muda tidak boleh menyerah untuk melakukan latihan dengan baik.

Kanter mengatakan, dalam bermain basket ada yang paling penting wajib diterapkan. "Kita harus bangga dengan tim sendiri. Percaya diri dan yakin kepada diri sendiri dan harus bekerja sama dengan tim," tutur pemain yang memiliki tinggi 211 cm itu.

Salah satu pemain muda IBA, Kevin Ananda yang baru duduk di bangku kelas enam SD mengaku senang sekali bisa bertemu dengan salah seorang pemain NBA. "Senang bisa latihan diajarin pemain NBA dari luar negeri," ujar Kevin.

Kevin mengungkapkan setelah belajar sebentar dengan Kanter juga memberikan pengalaman baru. Sebab, ia pertama kali bisa belajar basket dengan cara melakukan fun games dan dengan ramai-ramai.

Setelah bertemu Kanter, Kevin semakin termotivasi untuk mengejar cita-citanya. "Saya semakin mau jadi pemain basket NBA. Pokoknya mau belajar lebih banyak lagi," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement