Rabu 18 Jan 2017 23:01 WIB

Spurs Atasi Perlawanan Timberwolves

Rep: Agus Raharjo/ Red: Andri Saubani
Kawhi Leonard
Foto: AP /Rick Scuteri
Kawhi Leonard

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS—San Antonio Spurs bangkit dari kekalahan pekan lalu dan kembali ke jalur kemenangan, Rabu (18/1). Spurs berhasil mengatasi perlawanan Minnesota Timberwolves, 122-114. Ini merupakan kemenangan kembali Spurs setelah pekan lalu mereka dikalahkan Phoenix Suns 108-105. Dengan kemenangan ini, Spurs masih kokoh di urutan kedua wilayah barat dibawah Golden State Warriors. 

Laga berlangsung sengit antara tuan rumah Spurs dan tim tamu. Timberwolves mampu menahan imbang pada kuarter pertama dengan masing-masing tim memasukan 30 angka. Bahkan pada kuarter kedua, tim tamu berhasil unggul 71-67. Timberwolves berhasil mencatatkan 41 angka pada kuarter ini.

Tim tuan rumah berhasil bangkit pada kuarter ketiga. Pemain small foward Spurs, Kawhi Leonard memimpin timnya bangkit dan mengambil kuarter tiga dengan mencatatkan 25 angka. Timberwolves hanya mampu meraih 19 angka. Puncak kebangkitan Spurs terjadi pada kuarter pamungkas. Spurs menyudahi perlawanan Timberwolves di kuarter ini saat membukukan 30 angka. Sedangkan Timberwolves hanya mampu mengejar dengan 24 angka.

Kawhi Leonard menjadi bintang dalam pertandingan itu. Bermain selama 38 menit, small foward Spurs mencetak 34 angka, lima assist dan tujuh rebound. Selain Leonard, pemain Center Spurs, LaMarcus Aldridge juga menyumbang angka terbanyak kedua di bawan Leonard. Aldridge mampu mencetak 29 angka, tiga assist, dan empat rebound.

Di tim tamu, Karl Anthony Towns tampil sebagai pencetak angka terbanyak bagi timnya. Towns berhasil mencetak 27 angka, dan 16 rebound dalam 42 menit. Rekan Towns, Ricky Rubio yang berposisi sebagai point guard menjadi penyumbang assist terbanyak dalam pertandingan itu. Rubio berhasil mencatatkan assist sebanyak 14 assist dan mencetak 21 angka. Bagi Timberwolves, kekalahan melawan Spurs menjadi kekalahan kedua beruntun setelah pekan lalu mereka menyerah pada Dallas Mavericks.

Leonard menjadi pemain pertama Spurs yang berhasil mencatatkan 950 angka sampai paruh pertama musim sejak Tim Duncan pada 2003 lalu. Akhir pekan lalu, dia juga berhasil mencatatkan angka fantastis dengan mencetak 38 angka saat Spurs dikalahkan Phoenix Suns. Namun, Leonard tetap merendah dan mengatakan yang paling penting adalah membantu Spurs keluar sebagai pemenang. “Saya tidak memedulikan perolehan angka, saya hanya ingin keluar sebagai pemenang,” tutur Leonard dikutip dari ESPN Sport, Rabu (18/1).

Apa yang sudah dilakukan Leonard dalam pertandingan Spurs melawan Timberwolves mengundang pujian dari dua pelatih tim. Pelatih Spurs, Gregg Popovich menilai apa yang dilakukan Leonard merupakan apa yang yang memang dia bisa lakukan. Popovich mengatakan Leonard bermain seperti tidak ada yang bisa mengganggunya. “Dia bermain di lapangan seperti tak seorangpun mengganggunya,” ujar Popovich.

Leonard sukses merusak pesta ulang tahun pelatih Timberwolves, Tom Thibodeaus yang ke-59 dengan kekalahan. Thibodeaus mengungkapkan dia melihat sosok kandidat MVP pada diri Leonard. Menurutnya, ketika melihat sosok pemain All Stars dan MVP, semua orang akan melihat pada apa yang pemain lakukan untuk memenangkan timnya. Harus diakui ada pemain yang mampu mencacatkan banyak angka namun tidak mampu membuat timnya menang. “Dia melakukan apapun untuk membantu timnya memenangkan pertandingan,” tutur Thiboudeau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement