Kamis 01 Dec 2016 19:06 WIB

Satria Muda Pertamina Angkat Youbel Jadi Pelatih Kepala

Youbel Sondakh
Foto: SM Pertamina
Youbel Sondakh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Manajemen Satria Muda (SM) Pertamina membuat perombakan dalam tubuh tim menghadapi IBL musim 2017. SM Pertamina mengangkat Youbel Sondakh sebagai pelatih kepala yang baru.

Youbel akan menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati Cokorda Raka Satrya Wibawa.

"Keputusan ini diambil setelah melakukan berbagai evaluasi, pemantauan, dan pertimbangan yang mendalam terhadap kinerja klub Satria Muda Pertamina secara keseluruhan," bunyi pernyataan resmi SM Pertamina lewat rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (1/12).

"Tim Satria Muda Pertamina mengucapkan terima kasih atas dedikasi, loyalitas, kontribusi dan hasil yang telah diraih tim selama ini di bawah arahan Coach Cokorda Raka Satrya Wibawa. Kami juga mengucapkan sukses terus untuk karier Youbel dan Cokorda ke depannya."

Youbel merupakan salah satu pemain legendaris SM Pertamina. Ia mengawali karier di klub Scorpio pada 2011 setelah masuk SMA Ragunan. Setahun kemudian, dia sudah bergabung dengan Indonesia Muda. Youbel dikenal sebagai pemain yang licin dan susah dijaga karena punya pergerakan lentur.

Performanya bersama Indonesia Muda membuat SM Pertamina tertarik merekrutnya. Youbel bergabung dengan SM Pertamina pada 2006 dan langsung meraih gelar juara turnamen dan kompetisi IBL. Gelar juara kompetisi IBL kemudian diraih pada 2007, 2008, dan 2009, diikuti prestasi individu sebagai Most Valuable Player (MVP/Pemain Terbaik) tiga musim berurutan. Terakhir, Youbel ikut mengantarkan SM Pertamina juara NBL 2011.

Karier bermain Youbel terhitung singkat karena cedera lutut parah yang dialaminya. Meskipun sudah menjalani operasi dan terapi panjang, Youbel memutuskan gantung sepatu karena tak mungkin bermain di level profesional dengan kondisi lututnya.

Ia sudah dicoba oleh manajemen SM Pertamina pada turnamen Perbasi Cup 2016 lalu. Hasilnya SM Pertamina tampil sebagai juara.

Youbel akan mulai memimpin tim SM Pertamina dalam Tur Ekshibisi 2016 di Batam. SM Pertamina akan menghadapi timnas basket Indonesia dua dua tim asal Singapura, yakni Adroit Singpore dan Singapore Supras.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement