Senin 22 Aug 2016 14:31 WIB

Tim Basket AS Rebut Medali Emas Ketiga Secara Beruntun

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Citra Listya Rini
Tim basket AS melawan Serbia pada Olimpiade Rio 2016
Foto: EPA/LARRY W. SMITH
Tim basket AS melawan Serbia pada Olimpiade Rio 2016

REPUBLIKA.CO.ID, RIO de JANIERO -- Tim bola basket Amerika Serikat (AS) tampil cemerlang dan membawa medali emas usai mengalahkan Serbia di babak final cabang basket Olimpiade 2016 yang digelar di Carioca Arena, Rio de Janiero, Senin (22/8) dini hari. AS unggul dengan poin 96-66.

Kevin Durant keluar sebagai pahlawan setelah mencetak total 30 poin bagi AS yang pada laga tersebut tampil lebih dominan atas Serbia. Medali emas juga menjadi penghargaan kedua kalinya bagi small forward yang baru saja pindah ke Golden State Warriors tersebut.

Empat tahun silam di London Durant juga mempersembahkan sukses serupa. Saat itu AS sukses menaklukkan Spanyol, 107-100. Dalam pertandingan di North Greenwich Arena, London, Durant juga mencetak skor 30 poin.

Tim AS yang kali ini ditangani pelatih Mike Krzyzewski memulai pertandingan dengan lambat. Serbia masih mampu mengimbangi permainan pada awal pertandingan. AS mengakhiri kuarter pertama hanya mampu mengungguli Serbia dengan skor tak terpaut jauh 19-15.

Pada kuarter keempat, AS pun mengakhiri perlawanan tim Eropa itu dengan skor telak 96-66 atau dengan selisih 30 poin. Ini merupakan kemenangan dengan selisih terbanyak kedua yang dicetak AS saat merebut emas cabang basket Olimpiade setelah tahun 1992 atau 24 tahun silam. Saat itu The Dream Team menaklukkan Kroasia dengan selisih 32 poin.

"Terkadang banyak beban yang menumpuk di kepala Anda dan saat ini Anda harus bersyukur untuk menikmati hasil yang telah diraih. Meraih medali emas Olimpiade adalah suatu kebanggan dalam hidup," tulis Durant dalam unggahan fotonya di akun Instagram @easymoneysniper disadur CBSS Sport, Senin (22/8).

Untuk diketahui ini merupakan medali emas ke-15 yang diraih AS di cabang basket Olimpiade sekaligus yang ketiga secara beruntun di bawah pelatih Mike Krzyzewski. Seusai menjadi yang terbaik di Rio de Janeiro, Timnas AS akan ditangani pelatih San Antonio Spurs, Gregg Popovich.

Sebelumnya, tim bola basket putri Amerika Serikat lebih dulu mengamankan medali emas olimpiade enam kali secara beruntun usai menggasak tim putri asal Spanyol dengan skor 101-72.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement