Sabtu 23 Apr 2016 20:04 WIB

Satria Muda Kalahkan Satya Wacana, Ini Komentar Cokorda

Rep: Andrian Saputra/ Red: Citra Listya Rini
Satria Muda Pertamina
Foto: Satria Muda
Satria Muda Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Satria Muda Pertamina Jakarta mengawali langkahnya pada seri VI Indonesian Basketball League (IBL) dengan impresif. Tim asal Ibukota itu sukses menghempaskan perlawanan Satya Wacana Salatiga, dengan skor 73-49 di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu (23/4) sore.

Meski tidak diperkuat oleh Ronaldo 'Dodo' Sitepu, yang harus absen karena cedera, kekuatan bigman Satria Muda tetap sulit dibendung oleh lawan. Vinton Nolland dan Kevin Yonas mampu menutup lubang yang ditinggalkan oleh Dodo. Di sisi lain, Satya Wacana berupaya meraih angka dari akurasi tembakan Respati Ragil Pamungkas.

Prosentase field goals yang mencapai 59 persen akhirnya membuat Satria Muda memimpin 24-12 pada akhir kuarter pertama. Mengawali kuarter kedua, coach Cokorda Raka menurunkan para pemain cadangannya. Kendati begitu, performa impresif Satria Muda tetap terjaga.

Satria Muda juga semakin perkasa pada paint area lawan. Tim yang bermarkas di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara itu membuat 11 offensive rebounds, serta turut menorehkan sembilan second chance points. Sebaliknya, ketajaman Satya Wacana terus menurun di kuarter kedua ini. Alhasil, Satria Muda pun melaju kencang untuk memimpin 44-20 sebelum jeda half time.

Satria Muda berhasil mempertahankan permainan terbaiknya di kuarter ketiga. Beberapa kali kesalahan sendiri yang dibuat oleh Satya Wacana berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh mereka. Satria Muda mengakhiri kuarter ketiga dengan keunggulan 62-33.

Di kuarter keempat, grafik permainan Satria Muda mengalami penurunan. Hal itu coba dimanfaatkan oleh Satya Wacana untuk memperkecil kedudukan. Satya Wacana mampu meraup 16 poin, sedangkan Satria Muda hanya mencetak 11 poin di kuarter penutup ini. Namun, hasil itu sudah cukup bagi Satria Muda untuk mengunci kemenangan dengan skor 73-49.

Vinton Nolland Surawi tampil sebagai pendulang angka terbanyak Satria Muda dengan 15 poin. Rekan satu tim Vinton, Yosua turut andil bagi timnya dengan mencetak 10 angka. Di sisi lain, Firman Dwi Nugroho dan Respati Ragil Pamungkas sama-sama membukukan 12 poin untuk Satya Wacana.

“Penampilan anak-anak hari ini cukup bagus. Mereka mengalami peningkatan dibanding seri V lalu. Dari sisi defense, kami bisa membuat 13 steals. Selain itu, serangan kami juga semakin bervariasi. Tidak ada target khusus untuk memperbaiki peringkat di klasemen, tapi saya ingin anak-anak bisa meningkatkan level permainannya di seri ini. Itu sebagai bekal yang baik untuk menuju babak play off nantinya,” kata Cokorda Raka Satrya Wibawa, Head Coach Satria Muda.

“Untuk Dodo (Ronaldo Sitepu) saat ini tengah menjalani terapi cedera di Filipina. Dokter mengatakan kalau cederanya tidak terlalu parah. Pada seri ini ia memang dipastikan tidak akan main, tapi kami optimis Dodo akan bisa bermain kembali di babak play off,” katanya

Walaupun menang, Satria Muda belum beranjak dari posisi kelima klasemen. Satya Wacana pun masih aman di zona play off dengan menempati posisi ketujuh. Pada pertandingan berikutnya, Senin (25/4), Satria Muda akan berhadapan dengan NSH Jakarta. Sementara itu, Satya Wacana melakoni duel melawan Hangtuah Sumsel pada hari yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement