Selasa 28 Jul 2015 22:45 WIB

Becky Hammon Mencetak Sejarah

Rep: c19/ Red: Fernan Rahadi
Becky Hammon
Foto: ftw.usatoday.com
Becky Hammon

REPUBLIKA.CO.ID, Keberhasilan asisten pelatih San Antonio Spurs, Becky Hammon musim panas ini telah menyedot perhatian. Hammon berhasil mengantarkan timnya meraih gelar Liga musim panas di Las Vegas, pekan ini.

Hammon mencetak sejarah sebagai pelatih wanita pertama di liga musim panas ini. Gelar di Las Vegas itu hanya membuat pengalamannya jauh lebih manis bersama Spurs.

Awal musim panas ini, Spurs mengumumkan, Hammon akan memimpin tim di pertarungan Las Vegas. Wanita yang telah menjadi asisten pelatih Spurs sejak 2014 lalu itu pun tak menyia-nyiakan kepercayaan tim dan membuktikan dirinya dengan mengantar Spurs menggapai tangga juara.

Hammon menjadi pelatih kepala, menggantikan Gregg Popovich, saat Spurs bertempur di Las Vegas. Spurs terjungkal pada laga pembuka saat menghadapi New York Knicks, tetapi kemudian menyapu bersih enam laga berikutnya dengan kemenangan.

Spurs memastikan gelar setelah merengkuh kemenangan 93-90 atas Phoenix Suns. Jonathon Simmons mencetak 23 poin dan membawa pulang penghargaan MVP dari kejuaraan itu. Treveon Graham menambahkan 22 poin bagi Spurs.

"Sungguh menakjubkan. Saya benar-benar mencintai (Hammon) dan aku hanya mengenalnya beberapa hari. Dia pelatih yang menenteramkan. Itu sesuatu yang kami semua suka darinya," kata Simmons melalui NBA TV.

Sementara bagi Hammon, tugasnya mengepalai sebuah tim besar tentu bukan perkara mudah. Menurutnya, kebersamaan tim terlihat lebih kental, terutama pada dua dan tiga pertandingan terakhir.

"Mereka mendengarkan instruksi. Saya hanya benar-benar menghargai perhatian dan kewaspadaan mereka. Mereka lelah, tetapi mereka berjuang sampai akhir," kata Hammon, dilansir ESPN. 

Mantan bintang Women's National Basketball Association (WNBA) itu pun membeberkan salah satu kunci kesuksesannya selama ini. "Kehidupan saya tak pernah benar-benar mudah. Saya selalu menjadi seseorang yang harus berjuang mencapai puncak. Oleh karena itu saya siap (menjadi pelatih Spurs-Red), membuat keputusan sulit dan menantang," ujarnya.

Pelatih kepala Spurs, Gregg Popovich, menyebut semangat Hammon tak ubahnya bagai petasan yang meledak-ledak. "Dia memiliki kepribadian yang hebat. Dia mengenal anak-anak didiknya dan merupakan seseorang yang kompetitif," sanjung Popovich.

n c19

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement