Kamis 23 Oct 2014 10:12 WIB

Jegal Indonesia Warriors ke Playoff ABL, Pelatih Saigon Heat Bangga

Center Saigon Heat Justin Williams (kiri) berpelukan dengan pelatih Anthony Gabelotto usai mengalahkan Indonesia Warriors dalam lanjutan ABL di Jakarta, Rabu (22/10)
Foto: ABL
Center Saigon Heat Justin Williams (kiri) berpelukan dengan pelatih Anthony Gabelotto usai mengalahkan Indonesia Warriors dalam lanjutan ABL di Jakarta, Rabu (22/10)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Pupus sudah ambisi Indonesia Warriors untuk melangkah ke playoff AirAsia ASEAN Basketball League (ABL) 2014. Wajib menang dalam game ke-19, Warriors justru takluk 73-75 dari pesaingnya Saigon Heat lewat duel mendebarkan, Rabu (22/10).

Atas hasil ini, Saigon Heat mencetak sejarah lolos ke final four ABL untuk kali pertama. Dengan rekor 9-10, apapun hasil yang diperoleh wakil Vietnam itu saat melawan Hi Tech Bangkok City dalam pertandingan terakhir babak reguler sudah tak memengaruhi.

“Saya tahu mereka akan bangkit. Mereka tim yang membanggakan dan seluruh pemain telah tampil dalam pertandingan besar sebelumnya. Kami gagal dalam banyak tembakan bebas di akhir pertandingan, tapi kami terus berusaha dengan defense kami,” kata pelatih Heat, Anthony Gabelotto.

Laga yang tersaji di Britama Arena, Jakarta pada Rabu malam benar-benar menguras emosi pendukung Warriors. Setelah tertinggal 14-22 di kuarter pertama dan 29-47 saat halftime, skuat asuhan Cokorda Raka Satrya Wibawa bangkit pada dua kuarter akhir.

Setelah kerap gagal dalam melepaskan tembakan jarak jauh, Warriors berusaha menyerang ke ring Heat lewat Tremayne Johnson dan Michael Fey.  

Tertinggal 13 angka dengan waktu 5:29 tersisa, Warriors bermain habis-habisan dan memetik 15 angka dan hanya kemasukan dua untuk menyamakan kedudukan 67-67 saat waktu tersisa satu menit. 

Warriors kemudian beberapa kali gagal menjaringkan bola dan tertinggal tiga poin. Dengan waktu tersisa 4,7 detik, Cokorda meminta time out dan menggambar skema serangan untuk menyamakan kedudukan. Arahan ini ternyata sukses dengan keberhasilan Bonanza Siregar melepaskan tiga angka dengan waktu 0,5 detik tersisa. Kedudukan 70-70, pertandingan pun dilanjutkan ke overtime.

Pada overtime, kedua tim bertahan dengan ketat sehingga poin sulit tercipta. Heat yang mendapatkan kesempatan tembakan bebas kerap gagal memaksimalkannya, sementara Warriors kesulitan membongkar pertahanan disiplin Heat yang dikomandoi center Justin Williams.

Dalam kondisi tertinggal 73-75, Johnson yang menerima bola memilih menusuk ketimbang melepaskan tembakan tiga angka. Sayang, bola lay up-nya diblok dengan sempurna oleh Williams tepat sebelum buzzer berbunyi.

Fey menyumbang 35 angka untuk Warriors ditambah Johnson dengan 28 poin. Para pemain lain tak berkontribusi maksimal termasuk point guard John Smith. 

Warriors akan mengakhiri musim ini pada Ahad (26/10) ini dengan melawan wakil Indonesia lannya, LaskarDreya South Sumatra di Hi-Test Arena, Batam.  

Klasemen ABL
Pos Tim M K Per +/-
1 Westports Malaysia Dragons 14 5 74 180
2 HiTech Bangkok City 13 5 72 165
3 Singapore Slingers 11 8 58 28
4 Saigon Heat 9 10 47 39
5 Indonesia Warriors 8 11 42 -107
6 Laskar Dreya South Sumatra 1 17 6 -305

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement