Senin 28 Jul 2014 10:15 WIB

Kena Kanker Mulut, Cooper Tetap Tersenyum

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Erik Purnama Putra
Pelatih Atlanta Dream, Michael Cooper
Foto: WNBA.com
Pelatih Atlanta Dream, Michael Cooper

REPUBLIKA.CO.ID, Michael Cooper harus menepi untuk sementara dari arena basket. Pelatih tim liga basket wanita Amerika Serikat (WNBA), Atlanta Dream, itu harus masuk ke meja operasi.

Awal pekan ini, tim dokter mendiagnosis Cooper menderita kanker mulut stadium dini. Pelatih usia 58 tahun itu diperkirakan harus menjalani perawatan setidaknya selama dua pekan. "Saya beruntung karena kondisi saya dapat didiagnosis sejak dini," kata dia seperti dilansir laman ESPN.

Selama menjalani perawatan, Cooper tak ingin posisi pelatih di Atlanta lowong. Ia mempercayakan skuat Dream pada asisten pelatih Karieen Thompson. "Saya yakin tim akan berada di tangan yang tepat dengan Thompson sebagai nahkoda selama saya absen. Saya akan berusaha kembali secepat mungkin," ujarnya.

Ini adalah musim pertama Cooper bersama Atlanta. Saat ini, klub yang didirikan pada 2008 itu memimpin klasemen Wilayah Timur WNBA dengan torehan 15 kemenangan dan 6 kali kalah. Pekan lalu, ia memimpin tim Wilayah Timur pada laga WNBA All-Star dan berhasil mencatatkan kemenangan dramatis 125-124 atas tim Wilayah Barat.

Cooper telah malang melintang di dunia basket sejak dekade 1970-an. Ia bermain sebagai shooting guard bersama Los Angeles Lakers pada 1978 hingga 1990. Sepanjang 12 tahun di Lakers, Cooper sukses mengoleksi lima gelar juara NBA.

Sebagai pelatih, Cooper memenangkan dua gelar juara WNBA bersama Los Angeles Sparks. Ia juga pernah sekali merasakan juara pada NBA Development League bersama Albuquerque. Cooper rencananya akan menjalani operasi kanker mulutnya di Winship Cancer Institute of Emory University di Atlanta, pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement