Selasa 15 Jul 2014 14:05 WIB

Indonesia Kirim 3 Tim di FIBA 3x3 World Tour Masters 2014

Berdiri dari kiri: Dwuoi Eriano, Syam hasyimi Albadi, Anthony Gunawan, Ronny Gunawan, Toni Sugiharto, Vinton Nolland Surawi, Wijaya Saputra. Jongkok dari kiri: Ponsianus Nyoman Indrawan, Faisal J Achmad dan Dimas Aryo Dewanto.
Foto: ist
Berdiri dari kiri: Dwuoi Eriano, Syam hasyimi Albadi, Anthony Gunawan, Ronny Gunawan, Toni Sugiharto, Vinton Nolland Surawi, Wijaya Saputra. Jongkok dari kiri: Ponsianus Nyoman Indrawan, Faisal J Achmad dan Dimas Aryo Dewanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia kembali berpartisipasi dalam kejuaraan FIBA 3x3 World Tour Masters 2014 dengan mengirimkan tiga tim. Turnamen akan berlangsung pada 19-20 Juli 2014 di Manila, Filipina.

"Kita kembali dipercaya oleh FIBA (International Basketball Federation) untuk bisa berpartisipasi di kejuaraan dunia. Jadi ini kesempatan kita untuk perbaiki ranking yang saat ini berada di urutan 18," ujar Agus Mauro selaku Sekjen PP Perbasi dalam jumpa pers pelepasan tim 3x3 Indonesia, Senin (14/7) sore, di Jakarta.

Agus mengatakan Indonesia cukup beruntung karena dapat mengirimkan tiga tim sekaligus. Hal ini membuat peluang Indonesia menembus babak final semakin besar.

"Saya berharap salah satu dari ketiga tim ini bisa lolos ke babak Grand Final Tokyo. Materi yang kita bawa tahun ini juga lebih lengkap, dan seharusnya bisa bersaing dengan kontestan dari sembilan negara lainnya," harap Agus.

Adapun tim yang akan berangkat adalah Safecare Surabaya yang bermaterikan Rony Gunawan (Satria Muda Jakarta), Faisal J Achmad (Satria Muda Jakarta) Ponsianus Nyoman Indrawan (Pelita Jaya Jakarta) dan Dimas Aryo Dewanto (Pelita Jaya Jakarta), Safecare Jakarta yang berisikan Vinton Nolland (Satria Muda Jakarta), Fandi Andika Ramadhani (Aspac Jakarta), Rizki Effendi (Aspac Jakarta) dan Wijaya Saputra (Citra Lestari Surabaya).

Sedangkan tim Safecare Yogyakarta diisi oleh Anthony Gunawan, Dwi Eriano, Syam Hasyimi Albadi dan Toni Sugiharto (Muba Hangtuah Jakarta).

"Ketiga tim ini berhasil mendapatkan tiket ke ajang World Tour (WT) melalui beberapa pertandingan kualifikasi yang digelar oleh PP PERBASI sejak bulan April sampai akhir Juni lalu," jelas Agus.

Anthony Gunawan, pelatih sekaligus pemain Safecare Yogyakarta mengatakan, tim yang akan berangkat tahun ini lebih siap dibanding tahun lalu. Dengan kondisi itu ia berharap mencapai hasil maksimal.

"Kita datang dengan predikat juara bertahan (juara kawasan Asia Pasific), jadi target kita adalah pertahankan posisi, jangan turun tapi justru naik lagi," ujar Anthony.

Tim akan berangkat pada Kamis dinihari dan langsung menjalani latihan setibanya disana.

"Peluang lolos ketiga tim ini ke babak delapan besar sangat terbuka karena dari 12 tim yang akan beranding dibagi menjadi empat pool dan dua tim teratas masing-masing pool akan lolos ke babak delapan besar. Jadi kita hanya butuh setidaknya satu kemenangan untuk lolos ke delapan besar," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement