Selasa 25 Jan 2011 09:47 WIB

Lagi, Dua Atlet Gagal Tes Doping di Asian Games 2010

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA - Dua lagi atlet gagal tes doping pada Asian Games Guangzhou seperti diumumkan Dewan Olimpade Asia (OCA), Senin (24/1). Mereka adalah atlet peraih medali perak dari Qatar dan atlet dari kawasan Palestina.

Total atlet yang ketahuan menggunakan obat terlarang dalam acara olahraga multi-event yang diadakan di China November lalu menjadi empat orang. Sebelumnya terbukti penggunaan doping dilakukan pegulat Uzbekistan dan atlet judo Uzbekistan.

Ahmed Dheeb dari Qatar, yang meraih medali perak pada nomor lempar cakram putera, ditest positif menggunakan alat perangsang "exogenous testosterone", yang digambarkan OCA sebagai "indikasi substansi dilarang bersifat anabolik.

Atlet dari Palestina Awajna Abdalnasser ambil bagian pada nomor 800 meter putera dan ditest positif menggunakan "norandrosterone", zat lain bersifat anabolik. Keduanya didiskualifikasi dan Dheeb dicabut medalinya, kata OCA.

"OCA menekankan memerangi obat terlarang dalam semua olahraga dan akan meneruskan kerja keras ini dengan berbagai Dewan Olimpiade Nasional berbagai negara dalam usaha membuat atlet kita tetap bersih," katanya. Pada Asian Games 2006 di Doha, sebanyak empat atlet dikeluarkan karena melanggar aturan tentang pemakaian obat terlarang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement