Senin 22 Nov 2010 08:28 WIB

Suryo Agung Tembus Semifinal 100 Meter

REPUBLIKA.CO.ID, GUANZHOU--Pelari tercepat Indonesia Suryo Agung Wibowo melaju ke babak semifinal nomor 100 meter Asian Games XVI/2010 setelah memimpin heat kedua di Aoti Main Stadium, Guangzhou, Ahad (21/11).

Suryo yang tampil di lintasan 6 dengan nomor punggung 310 tampil tercepat di heat kedua dengan catatan waktu 10.42 detik. Finish kedua pada heat itu Eriguchi Masashi dari Jepang dengan catatan waktu 10.57 detik.

Pada heat kedua itu juga berlaga pelari Thailand Sondee Wachara, Wan Weng Tang (Cina Taipei) Ahmaed Aznem, dan Anwari Waled dari Afghanistan.

Suryo Agung terpaksa harus menjalani start ulang setelah pada start pertama pelari Eisha Alyouhah (Kuwait) mencuri start. Pada start kedua, Suryo melakukannya dengan baik dan terus memimpin lomba di depan pelari lainnya.

"Start harus diulang, jelas sangat menguras tenaga, namun hal itu biasa kami lakukan. Mungkin bila start pertama mulus catatan waktu saya bisa lebih baik," kata Suryo seusai lomba.

Pada kesempatan itu, Suryo mengakui sejak awal ia sudah mengantisipasi persaingan ketat dengan Sondee Wachara dari Thailand, namun pada balapan itu saingannya dari Asia Tenggara itu hanya finish di peringkat ke-3 dengan catatan waktu 10,58 detik.

Pelari muda Indonesia, Franklin Burumi gagal melangkah ke semifinal setelah hanya finish pada peringkat kelima pada lomba heat keempat. Pelari tuan rumah Cina, Lao Yi tampil yang tercepat di heat ke-4 dengan catatan waktu 10,34 detik.

"Saya akan berupaya maksimal pada babak semifinal besok. Besok saya akan lomba sebanyak dua kali bila mulus di semifinal. Mohon doa restu," kata Suryo Agung.

Terkait kansnya pada semifinal dan final esok hari, Suryo mengaku optimistis. Ia akan berupaya tampil aman untuk tetap bisa membuka peluang perolehan medali bagi Indonesia.

"Dari sisi persiapan dan kondisi tak masalah, saya siap untuk pertandingan besok. Meski belum mencapai catatan waktu terbaik saya, namun saya akan maksimal di partai menentukan besok," kata pelari asal Jawa Tengah itu.

Sebagai manusia tercepat di Asia Tenggara, Suryo berharap bisa melakukan yang terbaik pada lomba esok hari. "Sama sekali tak ada beban, saya akan tampil lepas," jelas Suryo.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement