Kamis 18 Jan 2018 09:19 WIB

Inasgoc Kembali Buka Portal Rekrutmen Volunteer Asian Games

Panitia membutuhkan tenaga sukarelawan sebanyak 13 ribu orang.

Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) membuka kembali portal rekrutmen volunteer (http://volunteer.asiangames2018.id) pesta olahraga bangsa Asia ini secara online mulai Kamis (18/1) hari ini. Dengan pembukaan portal ini, melalui siaran pers yang diterima Republika, Inasgoc menyatakan rekrutmen relawan pada pesta olahraga yang berlangsung 18 Agustus-2 September mendatang itu hanya melalui laman resmi Asian Games 2018.  

"Kami khusus memilih tanggal 18 Januari untuk meluncurkan portal rekrutmen volunteer ini, sekaligus menjaga momen khusus menuju tujuh bulan lagi ke Games Times,” Ketua Inasgoc Erick Thohir saat meluncurkan portal volunteer untuk Games Times di Markas Inasgoc, Kamis (18/1).

Apalagi, dia menerangkan, peluncuran portal pertama saat mencari relawan untuk test event digelar empat bulan lalu, pada 18 SeptemberSaat ini, volunteer yang sudah tergabung di Inasgoc sedang bersiap diri untuk bertugas di 18th Invitation Tournament, 10-24 Februari mendatang. 

“Pembukaan pendaftaran ini sekaligus untuk mengingatkan kembali ke masyarakat agar tetap waspada dengan hoax, atau berita bohong soal volunteer, terutama yang menjanjikan iming-iming honor," ucap Erick, yang juga pemilik Republika Group. 

(Baca juga: Inasgoc Ingatkan Masyarakat Informasi Hoaks Volunter)

Di website yang menampilkan fitur-fitur penambahan data terbaru itu juga terpampang informasi seputar perkembangan volunteer melalui media sosial resmi Asian Games 2018. Pembukaan pendaftaran ini dikhususkan untuk mengajak berbagai kalangan, terutama generasi muda dan berbagai profesi, untuk menjadi bagian sejarah kembali setelah terakhir Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games IV pada 1962. 

Bagi relawan yang sudah berkesempatan bergabung pada ajang test event 18th Asian Games Invitation Tournament, yang akan bergulir mulai 10 Februari nanti, bisa kembali mendaftar ulang. Caranya, menambahkan beberapa fitur yang harus diperbaharui, seperti kelengkapan scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan lain-lain.

"Kami membutuhkan volunteer untuk Games Times  (ketika Asian Games berlangsung pada Agustus mendatang) sebanyak 13 ribu volunteer, yang terbagi dari 11 ribu volunteer untuk ditempatkan di Jakarta dan sekitarnya, serta dua ribu relawan akan bertugas di Palembang," kata Erick.

Ketika pertama kali rekrutmen relawan diluncurkan, jumlah pendaftar mencapai 21.077 volunteer. Inasgoc melakukan seleksi tahap pertama melalui proses yang disebut rough cut dan mendapatkan 7.340 calon relawan. 

Dilanjutkan seleksi berikutnya melalui proses screening sehingga mendapatkan 6.271 pendaftar. Setelah dilakukan psikotes, sebanyak 1.574 orang dinyatakan lolos sebagai volunteer.  

Untuk kebutuhan volunteer akan dibagi dalam tiga kategori, yakni protocol assistant, NOC assistant, dan liaison officer. Penempatan volunteer akan dialokasikan ke 19 departemen atau functional areas, seperti venue, medical, ceremonies, ticketing, catering, transportation, dan lain-lain. 

“Kami tidak sedang membangun menara gading, Asian Games harus dapat memberikan banyak manfaat dan legacy bagi masayakat Indonesia,” kata Erick. 

Sebelumnya, Inasgoc meluncurkan program magang bagi 530 mahasiswa khusus untuk bekerja dan dididik sebagai tenaga broadcaster. Mereka akan bertugas sebagai asisten kamera, audio, teknisi, hingga asisten logistik selama Asian Games 2018 berlangsung. 

Berikut ini jadwal rekrutmen volunteer untuk Asian Games 2018 (Games Times)

  1. Pendaftaran onlin 18 Januari-5 Maret 2018
  2. Psikotes (Grup Diskusi dan Wawancara akan dilakukan di Maret 2018)
  3. Training: Mei 2018
  4. Job Specific Training oleh tiap department dilaksanakan di Juli 2018

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement