Thursday, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Thursday, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Sumut Bertekad Tetap Jadi Barometer Wushu Tanah Air

Jumat 12 January 2018 19:11 WIB

Red: Israr Itah

Atlet Wushu Indonesia Lindswell Kwok.

Atlet Wushu Indonesia Lindswell Kwok.

Foto: Antara/Rosa Panggabean

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Sumatra Utara (Sumut) bertekad tetap menjadi barometer olahraga wushu di Tanah Air seiring dengan kemajuan yang terus dicapai daerah itu dalam olahraga asal negeri Cina tersebut.

Ketua Pengprov Wushu Indonesia (WI) Sumut Darsen Song mengatakan, pihaknya terus berupaya agar olahraga wushu, baik nomor sanda maupun taulo semakin digemari terutama oleh kalangan muda. Hal itu dilakukan agar wushu di daerah itu terus berkembang sehingga ke depannya terus lahir atlet-atlet potensial yang siap mengharumkan nama daerah di kancah nasional serta internasional.

"Dengan demikian Sumut bisa terus menjadi barometer kemajuan wushu di Indonesia," katanya usai pembukaan Kejurda Wushu Sanda memperebutkan Piala Centre Poin Cup di Medan, Jumat (12/1).

Kejuaraan Centre Poin digelar 12-15 Januari. Ajang ini sekaligus sebagai seleksi untuk persiapan mengahdapi kejuaraan nasional di Yogyakarta. 

Nomor pertandingan dibagi menjadi tiga kategori umur dan kelas berat badan dengan total 31 nomor pertandingan yakni umur prajunior 12-14 tahun, junior 15-17 tahun dan senior 18-35 tahun.

Kejurda tersebut diikuti 158 atlet dan pelatih dari sembilan daerah yakni Medan, Pematangsiantar, Karo, Simalungun, Humbahas, Samosir, Tapanuli Utara, Asahan, dan Toba Samosir.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain berupaya terus melahirkan atlet-atlet potensial, salah satu program Pengprov WI Sumut kedepannya adalah menambah kepengurusan di sejumlah daerah lainnya yang saat ini memang belum terbentuk.

 "Ada beberapa daerah yang sangat potensial melahirkan atlet berbakat, namun belum ada kepengurusan wushu daerahnya. Jadi ke depan akan kami bentuk, seperti misalnya Kabupaten Deliserdang yang darahnya sangat dekat dengan Medan," katanya.

Dalam beberapa kali pelaksanaan PON, wushu selalu menjadi salah satu andalan Sumut dalam mendulang medali, selain beberapa cabang olahraga lainnya. Atlet wushu Sumut yang juga andalan Indonesia salah satunya, yaitu Lindswell Kwok.

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES