Selasa 09 Jan 2018 16:11 WIB

Tour de Indonesia Diyakini Mampu Promosikan Jatim

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Endro Yuwanto
Gubernur Jawa Timur Soekarwo
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Gubernur Jawa Timur Soekarwo

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo meyakini, lomba balap sepeda Tour de Indonesia yang akan diselenggarakan pada 25 hingga 28 Januari 2018 akan membantu mempromosikan Jatim di berbagai sektor. Termasuk di antaranya wisata, budaya, dan kuliner.

 

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo berpendapat, salah satu hal yang akan membuat peserta Tour de Indonesia terkesima adalah kultur masyarakat Jatim yang ramah. Sehingga menciptakan suasana nyaman dan aman. Kultur tersebut diyakininya akan membawa daya tarik tersendiri bagi peserta negara lain.

"Masyarakat Jatim open minded bagi bangsa di dunia. Keberadaan Tour de Indonesia akan menunjukkan kepada dunia bahwa Jatim memiliki peradaban baik," ujar Pakde Karwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (9/1).

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari mengatakan, ada 20 negara yang ikut ambil bagian dalam event internasional ini. Ia menjelaskan, Tour de Indonesia melintasi tiga provinsi, yaitu DIY, Jatim, dan Bali.

Empat etape yang akan dilintasi, yaitu Prambanan Ngawi, Madiun Mojokerto, Probolinggo Banyuwangi, dan Gilimanuk Denpasar. Raja menjelaskan, event internasional ini bisa dijadikan sarana promosi tentang Indonesia.

Selain itu, penyelenggaraan Tour de Indonesia diharapkan juga dapat menggugah semangat masyarakat untuk hidup sehat dan sekaligus disukai masyarakat. "Bersepeda tidak membutuhkan biaya yang besar, bisa dilakukan siapa saja dan di mana saja dan efeknya memberikan kesehatan bagi masyarakat yang melakukannya," kata Raja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement