Thursday, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Thursday, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

JK: Dukungan Swasta untuk Asian Games 2018 Penting

Ahad 17 December 2017 05:30 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ratna Puspita

Panitia berswafoto jelang Road To Asian Games 2018 di venue Sirkuit BMX Galuh Ciamis Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (5/12).

Panitia berswafoto jelang Road To Asian Games 2018 di venue Sirkuit BMX Galuh Ciamis Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (5/12).

Foto: Antara/Adeng Bustomi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut, dukungan swasta dalam penyelenggaraan event Asian Games 2018 Jakarta-Palembang sangat penting. Karena itu, dia sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak swasta yang telah membantu pembangunan dan renovasi fasilitas olahraga. 

Dia pun menyatakan fasilitas tersebut tentunya akan bermanfaat untuk kegiatan olahraga ke depan. "Misalnya dari Asian Games terdahulu yang pernah diselenggarakan di Indonesia kita memiliki GBK, nah dari Asian Games ini kita akan miliki venue-venue olah raga dengan standar internasional," kata Kalla melalui siaran pers yang diterima Republika, Sabtu (16/12).

Kalla yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah INASGOC menegaskan pentingnya Asian Games 2018. Selain untuk mempromosikan brand Indonesia ke tingkat dunia, juga akan berdampak luas terhadap perekonomian bangsa, termasuk pembangunan infrastruktur, pariwisata dan menciptakan lapangan pekerjaan yang luas nantinya.

Salah satu pihak swasta yang mendukung penyelenggaran Asian Games, yakni Sinar Mas Land. Sinar Mas melakukan revitalisasi 12 sarana olahraga yang terdiri atas 10 Gelanggang Olahraga (GOR), arena BMX, serta arena bisbol di Jakarta. 

Ke-12 sarana olahraga ini nantinya digunakan para atlet untuk berlatih menghadapi Asian Games, baik sebagai arena pertandingan maupun latihan. Asian Games 2018 beralnsgung pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe mengatakan, perusahaan telah menggelontorkan dana sebesar Rp 70 miliar untuk renovasi tersebut. Dukungan tersebut, dia mengatakan, sebagai salahsatu wujud kontribusi dalam mendukung peningkatan prestasi atlet tanah air.

"Intinya, semua fasilitas olah raga tersebut telah mulai pengerjaan konstruksi pada Oktober 2017 dan direncanakan rampung pada Maret 2018," kata Dhony.

Selain itu, menurut dia, salah satu pilar Sinar Mas yaitu Asia Pulp and Paper (APP) juga turut berkontribusi dalam penyelenggaraan ajang Asian Games ini. APP Sinar Mas membangun gedung bowling center di Palembang, dengan total pembangunan lebih dari Rp 26 Miliar.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES