Selasa 12 Dec 2017 10:58 WIB

Januari 2018, Inasgoc Buka Pendaftaran Tamu Asian Games

Sekjen Inasgoc Eris Herryanto
Foto: Humas Inasgoc
Sekjen Inasgoc Eris Herryanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal INASGOC (panitia penyelenggara Asian Games 2018), Eris Herryanto, mengatakan panitia akan mulai mendaftar tamu-tamu dari Dewan Olimpiade Asia (OCA), Komite Olimpiade Internasional (IOC), maupun federasi internasional cabang olahraga. Pembukaan pendaftaran akan mulai dibuka pada Januari dan ditutup pada Maret 2018.

"Kami akan mulai membuka pendaftaran nama pada 7 Januari 2018. Tapi, pendaftaran itu hanya untuk memperkirakan jumlah tim yang akan ikut," kata Eris.

Panitia juga membuka pendaftaran bagi peserta Asian Games 2018 pada Januari tahun depan. Selepas laporan perkembangan persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta pada Senin malam, Eris mengatakan panitia merencanakan anggaran untuk 10 ribu atlet dari seluruh negara peserta.

''Tapi, jika mereka datang dan total jumlahnya mencapai 12 ribu, tentu anggaran kami akan membengkak," katanya. (Baca: Skuat Luis Milla mulai fokus menuju Asian Games 2018)

INASGOC telah mendapatkan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 2 triliun pada 2017. Selain, dana dari sponsor yang telah disepakati senilai Rp 1,1 triliun.

Semula, menurut Eris, INASGOC membutuhkan anggaran lebih dari Rp 8 triliun untuk menggelar pesta olahraga bagi 45 negara Asia ini. Tapi, jumlah tersebut menjadi Rp 5,6 triliun yang terbagi atas Rp 4,5 triliun dari APBN dan Rp 1,1 triliun dari sponsor.

Meskipun terdapat potensi pembengkakan anggaran, INASGOC mengupayakan penyerapan anggaran 2017 mencapai 95 persen dari total dana Rp 2 triliun yang telah diterima dari pemerintah. Target penyerapan anggaran 2017 mencapai 95 persen itu menyusul ketentuan penggunaan APBN dari Kementerian Keuangan agar anggaran tahun berikutnya dapat diberikan secara normal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement