Kamis , 07 December 2017, 22:02 WIB

Amankan Asian Games 2018, Polri Antisipasi Bom Hingga Copet

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Israr Itah
Republika/Arif Satrio Nugroho
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto.
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polri menyatakan siap mengamankan seluruh lini dalam penyelenggaraan Asian Games  2018. Dalam upaya tersebut, Polri mengantisipasi seluruh skala ancaman keamanan, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar.

"Ancaman dari yang skala besar sampai skala ringan. Skala besar seperti ancaman bom sampai yang ringan tapi menjengkelkan seperti copet, ngutil atau mengganggu lalu lintas di jalan," ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto di Markas Besar Polri, Jakarta, Kamis (7/12).

Setyo menjelaskan, untuk menggelar pesta olah raga Asia itu, Polri telah menyiapkan satgas khusus untuk melakukan pengamanan. Satgas tersebut akan dipimpin oleh asisten operasi. Tiga daerah, yakni Palembang, Jakarta, Jabar akan mengalami konsentrasi pengamanan baik di venue maupun tempat menginap atlet.

"Pengamanan lalin, pengamanan daerah-daerah yang kemungkinan dikunjungi oleh atlet, suporter yang terlibat dalam Asian Games juga," kata Setyo melanjutkan.

Polisi akan mengantisipasi jalur-jalur yang dilewati oleh atlet maupun suporter. Sebab, Asian Games 2018 diprediksi akan menarik wisatawan dalam dalam jumlah besar ke Indonesia.