Kamis , 07 December 2017, 18:54 WIB

JK Optimistis Pembangunan Venue Asian Games Sesuai Jadwal

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Endro Yuwanto
Republika/Maspril Aries
 Wisma atlet di komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang kondisi saat ini atau enam tahun setelah pembangunannya yang kini sudah berubah dan dipersiapkan untuk pemondokan atlet pada Asian Games XVIII – 2018.
Wisma atlet di komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang kondisi saat ini atau enam tahun setelah pembangunannya yang kini sudah berubah dan dipersiapkan untuk pemondokan atlet pada Asian Games XVIII – 2018.

REPUBLIKA.CO.ID,  PALEMBANG -- Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla optimistis pembangunan venue pertandingan untuk Asian Games 2018 dapat selesai tepat waktu, yakni pada Desember 2017.

"Semuanya di sini (Palembang) kan ada 13 event, saya kira hampir semuanya bisa selesai sesuai dengan rencana, Desember 2017," ujar Jusuf Kalla usai peninjauan di Jakabaring Sport City, Kamis (7/12).

Kalla menambahkan, setelah pembangunan venue selesai nantinya akan ada pemeliharaan selama dua bulan. Masih ada satu venue di Jakabaring yakni Stadion Bukit Asam yang pembangunannya terlambat karena kontraktornya berubah. Namun, ia memastikan pembangunan stadion tersebut akan selesai tepat waktu dan tidak menganggu pelaksanaan maupun test event Asian Games.

"Memang ada satu gedung, Stadion Bukit Asam karena kontraktornya berubah maka terlambat dimulai, tapi mereka, kontraktor baru yakin akan selesai dalam waktu enam bulan. Jadi masih ada spare dua bulan," kata Kalla.

Di sela-sela kunjungannya, Kalla menyempatkan diri untuk meninjau persiapan kejuaraan Asian Rowing Cup yang akan digelar pada 8-10 Desember 2017. Sebelumnya, telah diselenggarakan Kejurnas Dayung Canoeing pada 28 November sampai 1 Desember 2017 di Jakabaring Sport City. Kedua kejuaraan ini merupakan bagian dari persiapan para atlet untuk menghadapi Asian Games 2018 mendatang.

Saat meninjau kejuaraan tersebut, Kalla mengatakan, ketua rowing internasional mengapresiasi venue rowing di Jakabaring Sport City yang dianggap salah satu venue terbaik di dunia. Oleh karena itu, ia optimistis Asian Games 2018 akan berjalan dengan baik. "Optimitis melihat kemajuan yang ada, dan juga sudah beberapa test event dilakukan itu semua memenuhi syarat," jelas dia.