Rabu , 06 December 2017, 19:17 WIB

Renang Artistik Berharap Raih Medali pada Asian Games 2018

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Republika/Fitriyanto
Shelvy Melowa depan baju biru (manajer kompetisi renang artistik) berpose bersama pemenang renang artistik.
Shelvy Melowa depan baju biru (manajer kompetisi renang artistik) berpose bersama pemenang renang artistik.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Renang artistik di Tanah Air masih tergolong nomor pertandingan dalam olah raga akuatik. Sehingga nomor ini masih belum bisa bicara banyak di pentas internasional. Namun saat Asian Games 2018 nanti, nomor ini diharapkan merebut medali.

"Renang artistik masih tergolong baru di sini, pada SEA Games 2017 kami menempati peringkat tiga. Di Asian Games 2018 nanti target realistis kami di posisi lima. Tapi saya berharap sebagai tuan rumah kami bisa dapat merebut medali," ujar manajer renang artistik Indonesia, Shelvy Melowa kepada Republika.co.id, Rabu (5/12), di Akuatik Center GBK Senayan.

Menanggapi Test Event Asian Games 2018 untuk nomor renang artistik, Shelvy menyatakan, dari segi kuantitas mengalami peningkatan peserta. "Total ada 61 peserta, baik yang mewakili provinsi di Indonesia ataupun mewakili klub."

Sedangkan dari kualitas, lanjut Shelvy, banyak atlet muda yang memiliki talenta lanjut. "Banyak atlet muda yang ambil bagian di test event nomor renang ternyata memiliki talenta bagus," jelasnya.

Sementara itu, hari kedua CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 memainkan renang artistik nomor solo technical di GBK Aquatic Stadium. Gelar juara diraih Livia Lukito (Jawa Timur) dengan total nilai 65.0991, peringkat dua Andriani Shintya Ardhana (DKI Jakarta) mengumpulkan nilai 62.2019, dan ketiga Sherly Haryono (Jawa Timur) 61.7207 poin.

Dalam duet technical, juara berhasil diraih Andriani Shintya dan Naima Syeeda (DKI Jakarta) dengan raihan 60.2356 poin. Mengungguli Iin Rahmadhania dan Nurfa Nurul yang mengantongi 57.7215 poin. Tempat ketiga diduduki atlet DKI Jakarta lainnya Hilda Tri dan Gabrille Permata Sari 57.3054 poin.

Selanjutnya, di nomor team technical, pasukan DKI Jakarta yang diisi Andriani Shintya, Naima Syeeda, Visky Sekar, Hilda Tri, Gabrille Permata Sari, Naura Ulfa, dan Thytania Rhamadini, tampil gemilang menjadi juara setelah mengantongi 58.5031 poin. Tim Yogyakarta yang dibela Aurelia Candra, Dinda Cahya, Elizabeth Sekar, Lintang Calavera, dan Putu Ayu, harus puas di tempat kedua dengan poin 42.6930.